Klojen (malangkota.go.id) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Malang dalam Angka 2023 dan Pembinaan Statistik Sektoral di The Aliante Hotel & Convention Center Kota Malang, Selasa (21/02/2023).

Kepala BPS Kota Malang (depan delapan dari kanan) dan Kadiskominfo Kota Malang (depan sembilan dari kanan) foto bersama peserta FGD

Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, SE, MM mengatakan FGD ini adalah sebagai media untuk melakukan konfirmasi data kepada instansi untuk penyusunan Kota Malang dalam Angka 2023 yang rencananya akan dipublikasikan pada 28 Februari 2023 mendatang.

Kota Malang Dalam Angka merupakan publikasi tahunan yang menyajikan informasi berbagai indikator pembangunan yang dilaksanakan oleh daerah. “Kota Malang Dalam Angka 2023 ini menyajikan data primer yang dikumpulkan oleh BPS Kota Malang dan data sekunder dari instansi pemerintah dan swasta di Kota Malang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Erny menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia bertujuan memberikan acuan untuk pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan daerah.

Satu Data Indonesia juga bertujuan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mendukung sistem statistik nasional. “Satu Data Indonesia akan mendorong keterbukaan dan transparansi data,” ujar Erny.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S. Sos memaparkan terkait data statistik sektoral. Bagaimana penyelenggaraan statistik sektoral termasuk keterkaitannya selan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah, juga keterkaitan antarlembaga yang ada.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Wiwid tersebut menyatakan bahwa Satu Data menjadi bagian vital dalam pembangunan. “Satu data sebagai pilar transformasi pembangunan Kota Malang yang mandiri, tangguh, dan berkelanjutan,” tegasnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga menginisiasi Satu Data (SATA) Awards Kota Malang 2023. SATA Awards 2023 diharapkan dapat mengukur capaian penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral pada seluruh produsen data (perangkat daerah, kelurahan, dan fasilitas kesehatan).

SATA Award 2023 ditujukan untuk meningkatkan penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral sehingga Malang Satu Data dapat terwujud. “Tentu yang penting adalah bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik mengenai penyediaan data Kota Malang,” pungkasnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content