Berita

BPBD Kota Malang Bekali Warga Pelatihan Pencegahan Bencana

Klojen (malangkota.go.id) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menggelar pelatihan pencegahan bencana sebagai upaya mengedukasi dan mempersiapkan warga yang tanggap bencana. Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Drs. Prayitno, M.AP, ini dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana Kota Malang, Rabu (24/5/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Drs. Prayitno, M.AP memberikan pengarahan saat pelatihan pencegahan bencana

Prayitno menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada warga masyarakat sebagai upaya mitigasi bencana. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar aktif berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana,” jelas Prayitno,Rabu (24/5/2023).

Melalui pelatihan ini Prayitno berharap kemandirian masyarakat dalam penanggulangan dan pencegahan bencana dapat terbentuk. Selain itu juga warga masyarakat Kota Malang semakin menyadari pentingnya peran aktif dalam penanggulangan bencana.

“Dengan begitu maka akan tercipta masyarakat di kelurahan yang tangguh dan mandiri dalam menghadapi bencana,” tutur Prayitno.

Selain masyarakat umum, pelatihan pencegahan dan penanggulangan bencana ini juga mengikutsertakan lurah serta warga dari tiga kelurahan, yakni Kelurahan Polehan, Kelurahan Klojen dan Kelurahan Tasikmadu.

Dihadirkannya lurah sebagai pemangku wilayah dalam kegiatan ini harapannya adalah untuk memudahkan komunikasi dengan warganya dalam hal penanganan yang sistematis dan benar ketika terjadi suatu bencana.

Hadirnya lurah pada kesempatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi warganya agar kesadaran berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan bencana. Dengan demikian, penanganan bencana seperti tanah longsor, banjir, dan bencana lainnya dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.

Oleh karena itu kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan agar upaya penanggulangan bencana di Kota Malang dapat berjalan dengan baik. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content