Berita Disabilitas

1st Anniversary YBABM, Penyandang Disabilitas Unjuk Gigi di Gedung Dewan

Klojen (malangkota.go.id) – Di peringatan hari jadi yang pertama Yayasan Bersama Anak Bangsa Malang (YBABM), para penyandang disabilitas tampil unjuk kebolehan di Gedung DPRD Kota Malang, Jumat (8/9/2023).

Peringatan Ulang Tahun pertama YBABM di Gedung DPRD Kota Malang

Ketua YBABM, Yuni Kartikasari mengungkapkan meski YBABM baru resmi berdiri satu tahun ini, namun sebelumnya berbagai kegiatan telah dilakukan dalam bentuk komunitas sosial. “YBABM selama ini banyak bergerak dalam berbagai kegiatan sosial, baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun memenuhi berbagai kebutuhan warga disabilitas. Jika ada anak disabilitas membutuhkan kursi roda atau tongkat untuk tuna netra, kami mencarikan donatur untuk kebutuhan tersebut,” ungkap Yuni.

Pada kesempatan ini, selain ada penampilan berbagai talenta anak-anak disabilitas, ada juga penampilan anak yang normal namun hidup di bantaran sungai dan kampung pemulung. “Beragam penampilan itu mulai dari menari, menyanyi, melukis, hingga qiraat,” jelas Yuni.

Lebih lanjut Yuni menyampaikan bahwa penyandang disabilitas tidak perlu dikasihani, tetapi bakat dan minat mereka perlu diwadahi dan disalurkan agar dapat mengaktualisasikan diri sehingga lebih berkembang.

“Contohnya Fahira, saat tampil dalam lomba Qiroatil Quran tingkat provinsi beberapa waktu lalu meraih juara dua. Padahal lawannya adalah orang dewasa semua,” kata Yuni.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung segala kegiatan masyarakat, termasuk diantaranya diwujudkan dengan mendirikan galeri Disabilitas Market (Dismart) DPRD Kota Malang untuk menggelar berbagai karya para penyandang disabilitas.

“Kami berharap kegiatan seperti ini ke depan bisa digelar di Ruang Paripurna DPRD Kota Malang agar dapat merasakan aura sidang,” terang Made. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content