Kedungkandang (malangkota.go.id) – SMP Negeri 6 Kota Malang melaksanakan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) yang merupakan cara baru untuk menanamkan nilai Pancasila kepada pelajar. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengedukasi pelajar tentang lingkungan hidup dengan menghadirkan narasumber pegiat lingkungan dari Bank Sampah Eltari M-230, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan di SMAN 6 Kota Malang

Dua orang narasumber yang dihadirkan yakni Ketua Bank Sampah Eltari M-230 Efrida Hartini dan Yusup Karyawan. Efrida Hartini mengungkapkan senang sekali dengan animo pelajar SMAN 6 Kota Malang dengan adanya kegiatan edukasi terkait lingkungan ini. Di sekolah ini, dikatakannya siswanya sudah memiliki kesadaran yang baik dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Masing-masing kelas di SMAN 6 Kota Malang sudah dapat memilah sampah sendiri-sendiri, dikumpulkan, dijual, kemudian uangnya digunakan untuk kas kelas. Ini tentu menggembirakan,” cerita Efrida, Selasa (3/10/2023).

Ditambahkannya, melalui OSIS pendalaman terkait bank sampah tentang pengelolaan lingkungan yang dapat membawa kemanfaatan dapat diperoleh. “Selain sampah, di SMAN 6 ini juga memiliki potensi besar yani tanaman obat keluarga (Toga),” kata Efrida.

Informasinya, dulu di SMAN 6 budidaya toga sudah dirintis, akan tetapi kemudian vakum. Menurutnya akan lebih baik apabila kegiatan budidaya toga ini dihidupkan kembali karena akan semakin banyak ilmu yang bisa didapatkan oleh para siswa. “Bisa membaca potensi yang ada di lingkungan sekitar, semakin kreatif, dan saat kembali ke rumah bisa memberikan keteladanan,” harap Efrida.

Pada kesempatan ini para siswa juga diedukasi tentang pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik. Dengan memiliki bekal dan pengalaman yang cukup, diharapkan para siswa ini nantinya dapat lebih mandiri. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content