Berita Pendidikan

Pj. Wali Kota Malang Apresiasi Pagelaran Orkestra SKB

Blimbing (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengapresiasi upaya pengembangan anak didik yang dilakukan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Kota Malang. Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan Simfoni Khasanah Bangsa (SKB) yang digelar di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Sabtu (23/12/2023).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menghadiri kegiatan Simfoni Khasanah Bangsa (SKB) 

Dalam kegiatan yang menampilkan pertunjukan para siswa-siswi LPI Sabilillah dari jenjang TK hingga SMA tersebut, Wahyu melihat hal itu merupakan langkah positif yang dilakukan Sabilillah untuk mewadahi talenta para siswa dalam hal kemampuan non-akademik.

“Untuk itu, apresiasi positif saya sampaikan kepada LPI Sabilillah Malang yang telah memfasilitasi dan memberikan ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk berekspresi dan menyalurkan talentanya,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan, sebagai upaya dalam mewujudkan Indonesia Emas di 2045, menurutnya semua pihak perlu sadar bahwa di era globalisasi saat ini, sumber daya manusia yang berdaya saing bukan hanya dilihat dari kemampuan akademik saja. Tapi juga perlu adanya inovasi dan kreasi yang dapat menunjang kompetensi di luar akademik.

Ditegaskannya bahwa penting bagi seluruh pihak untuk bersama-sama fokus pada pembangunan kualitas pendidikan serta mendorong terlahirnya inovasi dan kreativitas agar terbentuk SDM yang dapat bersaing secara global dan memberikan kontribusi positif bagi pembanguan. Maka dari itulah Wahyu mengajak LPI Sabilillah Malang untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi demi terwujudnya cita-cita tersebut.

“Berkaitan dengan hal itu, saya berharap gerak langkah LPI Sabilillah harus senantiasa sejalan dengan program-program pembangunan pendidikan Pemkot Malang,” pesannya.

Sementara itu Direktur LPI Sabilillah Kota Malang, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd., menyebutkan Pagelaran Orkestra Spektakuler Simfoni Khazanah Bangsa (SKB) SISMA ini merupakan kegiatan tahunan, di setiap akhir semester ganjil sebagai bentuk apresiasi bakat siswa terhadap pembelajaran ekstrakurikuler seni.

Di tahun 2023 ini, Pagelaran Orkestra ini menampilkan sejumlah 476 siswa dari TK, SD, SMP Islam Sabilillah Malang, dan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren yang tergabung dalam ekstrakurikuler Qiraah, Tari, Paduan Suara, Band Islami, Angklung, Gamelan, Biola, vokal, ekstrakurikuler SISMA Leadership (Pendidikan Kepramukaan dan Paskibra).

“Penampilan anak-anak kita merupakan wujud pembinaan berkelanjutan pembelajaran ekstrakurikuler TK, SD, SMP Islam Sabilillah Malang, dan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren,” terang Ibrahim.

Tsabita, siswi kelas IX SMPIS Sabilillah yang tampil sebagai penyanyi pembuka acara Pagelaran Orkestra SKB Tahun 2023 ini menuturkan, dirinya bangga telah menjadi bagian dari pertunjukkan yang disaksikan oleh lebih dari 1.000 pengunjung ini. Tsabita berharap ke depannya pagelaran ini akan lebih bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Malang.

“Harapannya nanti LPI Sabilillah semakin maju dan untuk SKB bisa memberikan yang lebih megah lagi. Selain itu semua SKB bisa ikut tampil untuk acara-acara Pemkot Malang,” ujarnya. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content