Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Ingin Tingkatkan SAKIP, Kabupaten Lombok Tengah Studi ke Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) –  Sukses meraih Predikat A ‘Memuaskan’ atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) membuat banyak daerah lain tertarik belajar ke Kota Malang. Termasuk Kabupaten Lombok Tengah yang secara khusus datang langsung ke Kota Malang dalam rangka peningkatan nilai SAKIP.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menerima cinderamata dari Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah, S.Sos., M.Si. 

Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah, S.Sos., M.Si. yang diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di Ruang Sidang Balaikota Malang, Rabu (24/1/2023) mengungkapkan sengaja mengajak segenap jajaran kepala perangkat daerah dan camat ke Kota Malang untuk melakukan studi tiru.

“Selama ini nilai SAKIP Kabupaten Lombok tengah masih B, sehingga ingin sekali menjadi A. Kota Malang adalah kota yang sangat maju sehingga kami hadir dengan rombongan yang cukup banyak yaitu 45 OPD dan juga utusan kecamatan,” jelas Nursiah.

Nursiah menambahkan sebelumnya nilai SAKIP Kabupaten Lombok Tengah adalah C kemudian meningkat menjadi B. Oleh karena itu pihaknya ingin sekali menimba ilmu ke Kota Malang yang sudah meraih Predikat A atas hasil evaluasi SAKIP tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa sebelum memilih ke Kota Malang, Kabupaten Lombok Tengah memelajari beberapa daerah yang memiliki nilai SAKIP yang bagus. “Kami ingin mendalami SAKIP Kota Malang baik itu kemajuannya, penganggaranya, pelaksanaanya dan akuntabilitasnya yang sudah berjalan secara terpadu dengan baik. Ini berbeda dengan di Kabupaten Lombok tengah yang masih parsial,” terang Nursiah.

Untuk itu tim percepatan SAKIP Kabupaten Lombok Tengah telah melakukan studi ke Kota Malang untuk berkonsultasi dan memelajari apa yang dilakukan di Kota Malang untuk diterapkan juga di wilayahnya.

Pj. Walikota Malang menyambut baik dan mengaku senang atas kehadiran dan silaturahmi dari Kabupaten Lombok Tengah. Wahyu berharap silaturahmi ini bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama dengan ke dua daerah sehingga berkelanjutan.

“Terimakasih atas kunjungan tim dari Kabupaten Lombok Tengah yang diketuai Wakil Bupati Lombok Tengah ke Kota Malang. Semoga kunjungan ini bisa membuat kerjasama ke dua daerah semakin akrab,” tegas Wahyu.

Wahyu sangat senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan di mana dengan pertukaran pengalaman, kedua daerah dapat belajar satu sama lain. “Tentunya banyak hal yang belum dilakukan di Kota Malang tetapi sudah dilakukan di Kabupaten Lombok Tengah. Kota Malang tentunya juga ingin belajar. Untuk itu semoga suatu saat Kota Malang juga dapat melakukan studi ke Kabupaten Lombok Tengah,” pungkasnya. (cah/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content