Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Atasi Banjir Kawasan Suhat, Pemkot Ajukan Anggaran Rp50 M ke Pemprov Jatim

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Ketika hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur Kota Malang, mengakibatkan genangan air hingga banjir di beberapa titik. Salah satunya adalah di kawasan Jalan Soekarno Hatta yang kini menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP). Oleh sebab itu langkah penanganan harus segera dilakukan guna memberi kenyamanan bagi warga dan pengguna jalan.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Dandung Djulharjanto

Pemkot Malang telah mengajukan anggaran senilai Rp50 Miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Langkah ini sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang selama ini kerap melanda kawasan yang ada di wilayah kecamatan Lowokwaru tersebut.

Beberapa hal itu yang disampaikan Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, Sabtu (2/3/2024). Besaran pengajuan anggaran tersebut, nantinya tidak hanya untuk pembangunan gorong-gorong saja, melainkan juga untuk perluasan area pedestarian.

“Panjangnya nanti mulai dari depannya outlet Bakso Damas sampai ke Jembatan Suhat. Jadi kurang lebih sepanjang 1,8 kilometer. Jadi itu nanti menyudet dari tiga saluran sekunder yakni Purwantoro, Blimbing, dan Lowokwaru untuk membuang dampaknya. Ini untuk mengatasi banjir di Kedawung, Ciliwung, termasuk di Purwodadi,” beber Dandung.

Upaya ini, disampaikannya sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab yang diberikan kepada Pemprov Jatim terkait infrastruktur jalan di tingkat provinsi. “Pengajuan anggaran ke Pemprov Jatim itu sudah kami usulkan pada awal Pak Pj. Wali Kota Malang menjabat, yaitu sekitar bulan Oktober 2023 lalu,” ungkap Dandung.

Usulan pengajuan ini, nantinya setelah disetujui akan masuk dalam program prioritas Pemprov Jatim di tahun 2024. Maka diperkirakan pelaksanaan pekerjaan proyek akan dimulai pada tahun 2025 mendatang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content