Artikel UMKM

Pipian Mbois Rek, Ajang Ujung Karya Komunitas Pelanusa

Blimbing (malangkota.go.id) – Komunitas Pelangi Nusantara (Pelanusa) unjuk karya berbagai produk kriya dan berbagi pengetahuan dalam kegiatan bertajuk Pipian Mbois Rek di lantai dua gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Sabtu (30/3/2024).

Pelanusa tampilkan Pipian Mbois di MCC

Founder Pelanusa Endahing Noor Suryanti mengungkapkan kegiatan ini adalah kegiatan sharing bersama tim kreatif Pelanusa yang menampilkan berbagai karya anggota Pelanusa yang sudah melaksanakan pelatihan dan inkubasi bisnis selama tiga bulan.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi kami bersama segenap anggota Pelanusa, sekaligus mengasah kemampuan meningkatkan kualitas produk kriya yang dibuat,” jelas Yanti, panggilan akrab Endahing Noor Suryanti.

Yanti menceritakan, anggota Pelanusa ini menampilkan karya hand craft yang memanfaatkan bahan limbah kain perca sebagai ciri khasnya. “Dengan meningkatnya kemampuan dan kualitas, ke depan produk Pelanusa harus bernilai jual tinggi, sehingga anggota kami bisa eksis membangun usaha mandiri,” tegas Yanti.

Proses pembuatan karya hand made ini dituturkan Yanti memang membutuhkan kejelian dan ketelatenan tingkat tinggi, dan sudah sepantasnya produk ini bernilai ekonomi tinggi.

Yanti berharap dengan adanya sharing informasi dan pelatihan ini para peserta semakin kreatif membuat produk yang diminati pasar. “Kami juga terus mendorong anggota Pelanusa untuk membuat berbagai suvenir dengan mengangkat ikon Kota Malang,” terang Yanti.

Hal ini berkaca dari negara seperti Thailand yang dapat mengangkat ciri khasnya yaitu gajah sehingga dapat dikenal luas. “Harapannya dari Kota Malang juga begitu, bisa membawa mengangkat tema Singo Edan, Tugu atau bahkan Gedung Kebanggaan arek Malang gedung MCC. Tinggal bagaimana mengemas semenarik mungkin agar dikenal luas dan menjadi suvenir yang menjadi ciri khas Kota Malang,” imbuhnya.

Untuk tahun 2024 ini, komunitas Pelanusa dikatakan Yanti lebih banyak fokus pada inkubasi produk merchandise, suvenir yang marketable. Untuk tahun depan fokusnya akan ditingkatkan lagi dengan memproduksi dan berjualan tidak hanya untuk pasar lokal, tetapi juga bagi pasar mancanegara. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content