Berita Ekonomi Kreatif

Tingkatkan Daya Tarik Produk UMKM dengan Pelatihan Fotografi

Lowokwaru (malangkota.go.id) – 30 remaja di Kelurahan Tunjungsekar mendapatkan pelatihan foto produk di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Minggu (2/5/2024). Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan daya tarik produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan penyajian materi visual yang menarik.

Pelatihan foto produk di Gedung Serbaguna Kelurahan Tunjungsekar

Sekretaris Kelurahan Tunjungsekar, Pandu Rizki Darmawan menyampaikan bahwa pelatihan ini bertajuk ‘Ponselku, Studioku: Mengubah Ponsel Menjadi Alat Fotografi Profesional’. Kelurahan Tunjungsekar ingin membekali para remaja yang kebetulan keluarganya juga sebagai pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi kamera ponsel untuk membuat foto produk yang lebih berkualitas sehingga menarik bagi calon pembeli.

Menurut Pandu, saat ini memang banyak pelaku UMKM yang masih memfokuskan pada kualitas produk saja, namun masih kurang piawai untuk promosi produk terutama dengan memanfaatkan media sosial. Terlebih saat ini merupakan era digital, dimana promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya media sosial.

“Sekarang kan eranya digital, promosi bisa dilakukan melalui medsos. Mudah dan murah sebenarnya, tapi banyak UMKM yang masih kurang maksimal memanfaatkannya. Foto produk yang ditampilkan biasanya apa adanya. Padahal kita bisa lo membuat foto yang bagus dengan HP saja. Tidak perlu kamera mahal. Tampilan foto produk yang menarik, bagaimana tata letak dan sudut pengambilan gambar pasti akan menambah nilai dari produk UMKM,” beber Pandu.

Dalam pelatihan kali ini, Kelurahan Tunjungsekar menggandeng Arga Ardiansyach Reynaldi, seorang content creator dan fotografer di Kota Malang. Dalam pelatihan ini Arga mengajak peserta untuk memanfaatkan ponsel dan menggunakan media sederhana untuk menghasilkan foto produk yang profesional. Para peserta pun terlihat antusias mendengarkan materi dan mempraktikkan langsung teknik memotret dengan kamera ponsel. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content