Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Hadapi Pilkada, Pj. Wali Kota Malang Ajak Jaga Kondusivitas

Klojen (malangkota.go.id) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di daerah untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Pelaksanaan Pilkada ini didasarkan prinsip-prinsip demokrasi yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil yang dikenal sebagai luber dan jurdil.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Balai Kota Malang

Tahapan Pilkada serentak yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara resmi akan dimulai. Untuk itu, dibutuhkan peran serta semua pihak mulai dari jajaran pemerintah, TNI/Polri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda serta seluruh elemen masyarakat termasuk di dalamnya warga Kota Malang.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam acara Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Balai Kota Malang, Minggu malam (9/6/2024). Wahyu menyampaikan bahwa pemerintah bertugas memberikan fasilitas dan anggaran dana untuk membiayai semua tahapan penyelenggaraan Pilkada. Selanjutnya, KPU bertugas melaksanakan semua tahapan yang telah diputuskannya dengan baik, proporsional dan profesional dengan mengedepankan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilihan umum.

Ditambahkannya, bahwa kesuksesan pemilu ini menjadi tanggung jawab bersama. “Maka saya berharap agar selama masa persiapan tahapan pemilihan ini, untuk senantiasa menjaga ketertiban, dan keamanan demi kelancaran pelaksanaan saat hari H nanti,” imbuh orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tersebut.

Di sisi lain, masyarakat Kota Malang sebagai pemilih harus mendapatkan informasi yang komprehensif atas tahapan Pilkada termasuk profil, figur dan kualitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Sehingga kegiatan Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 ini sangat penting, karena masyarakat membutuhkan informasi secara jelas dan lengkap terkait tahapan pelaksanaannya.

“Saya juga berpesan agar masyarakat dapat memahami pentingnya menggunakan hak pilih secara bijak dalam Pilkada ini. Kenali dengan baik sosok yang akan saudara pilih, karena suara yang diberikan akan menentukan arah jalannya pembangunan ke depan,” pesan Wahyu.

Wahyu juga mengajak seluruh warga Kota Malang yang telah memiliki hak pilih agar dapat menggunakan suaranya secara bijak. Sehingga nantinya bisa terpilih pemimpin yang amanah dan terbaik untuk masyarakat. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan sebuah pengertian dan pemahaman kepada masyarakat, tentang berbagai regulasi yang menjadi payung hukum bagi pelaksanaan Pilkada 2024, profil mengenai para calon, tata cara pemilihan, jadwal pelaksanaan, maupun berbagai informasi lainnya.

“Tak lupa, saya turut menyampaikan apresiasi kepada KPU kota Malang atas terselenggaranya Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Malang 2024. Ini menjadi momentum untuk menyadarkan kita semua bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah di Kota Malang nanti merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama,” terangnya.

Sehingga semua pihak diharapkan dapat melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik, secara proporsional dan prosedural, agar nantinya dapat menyiapkan berbagai langkah tahapan pelaksanaan Pilkada dengan lancar, aman, terkendali dan sukses. (say/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content