Berita

Puluhan IKM Meriahkan HUT ke-70 Jawa Timur

Klojen, MC – Pameran dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Jawa Timur berlangsung meriah. Pameran produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang digelar di halaman kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 3 Malang tersebut dibuka oleh Kepala Bakorwil 3 Malang, Dr. Idrus Achmad, M.Si, Kamis (1/10).

    Kepala Bakorwil 3 Malang, Dr. Idrus Achmad, M.Si mengunjungi stan-stan pameran, Kamis (1/10)
Kepala Bakorwil 3 Malang, Dr. Idrus Achmad, M.Si mengunjungi stan-stan pameran, Kamis (1/10)

IKM se-Bakorwil III dari sembilan kabupaten/kota meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi menyuguhkan produk-produk unggulan mereka.

Selain itu, pameran ini juga dimeriahkan para pengrajin batu akik dari berbagai daerah. Ajang seperti ini merupakan salah satu wadah aktualisasi dan promosi bagi para pelaku IKM untuk bersaing di era global. Apalagi pada bulan Desember 2015 ini akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kepala Bakorwil 3 Malang, Dr. Idrus Achmad, M.Si menyampaikan bahwa setiap daerah harus terus meningkatkan kualitas hasil produk-produk unggulannya sehingga mampu untuk bersaing di pasar global.

“Yang tidak kalah penting, setiap produk harus mempunyai label kadaluwarsa yang jelas, lolos tes kesehatan, bersertifikasi, lolos standarisasi halal dan dikemas semenarik mungkin. Dengan demikian produk akan laku keras di pasaran,” imbuh Idrus, Kamis (1/10).

Menurutnya, event pameran harus banyak agar para pengunjung mempunyai banyak pilihan. “Produk-produk IKM Jawa Timur sudah bagus, dan tinggal memoles sedikit lagi. Dengan demikian produk kita bisa bersaing dengan negara ASEAN lainnya. Sebut saja kopi yang sudah berkaliber internaional,” pungkas Idrus. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content