Artikel UMKM

Soendari Batik & Art: Tumbuhkan Asa Pelestarian Warisan Batik Leluhur

Malang (malangkota.go.id) – Kegemaran mengoleksi batik, beragam wastra nusantara, dan aneka barang antik mendorong Yunita mendirikan Soendari Batik & Art. Berasal dari keluarga yang memang akrab dengan kerajinan batik, Yunita tak hanya menjual kain dan pakaian batik saja.

Batik khas Malang Soendari Batik & Art

Soendari Batik & Art juga mengembangkan batik khas Malang dengan mengangkat beragam ikon khasnya. Topeng dan tugu adalah beberapa ikon Kota Malang yang menjadi motif batik Soendari. Dengan kombinasi warna yang apik menghasilkan ragam kain batik khas Malang yang cantik. Tak hanya menjadi kebanggaan warga Malang, batik khas Malang ini juga kerap diburu wisatawaan yang datang ke Kota Malang untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Soendari Batik & Art juga kerap mengikuti berbagai pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang ataupun instansi lain dan kerap mewakili Kota Malang dalam aneka event berskala nasional.

Tak hanya menjual batik, Soendari Batik & Art ini juga ingin terus melestarikan wastra khas Indonesia terutama batik dengan memberikan pelatihan dan workshop membatik. Bahkan Soendari Batik & Art yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.A2, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ini kerap menjadi jujugan wisata edukasi membatik. Di tempat ini pengunjung bisa mendapat edukasi terkait sejarah dan perkembangan batik dan wastra Indonesia, bagaimana proses membatik, hingga ikut serta dalam membuat kain batik baik cap maupun tulis. Pesertanya pun lintas usia, mulai anak-anak TK hingga dewasa dan berasal dari berbagai daerah bahkan luar negeri. (Ari)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content