Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Kota Malang Optimis Kelurahan Gadang Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jatim

Klojen (malangkota.go.id) – Kota Malang optimis menjadi juara dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur 2024. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat menyambut Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Wahyu yakin Kelurahan Gadang yang mewakili Kota Malang dengan berbagai inovasinya bisa menjadi yang terbaik.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyambut Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

“Selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Kami atas nama masyarakat Kota Malang mengungkapkan terimakasih atas kehadiran tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur. Kegiatan merupakan bentuk dukungan kepada Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun,” jelasnya.

Kota Malang diwakili Kelurahan Gadang bisa masuk nominasi tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Jawa Timur. Menurutnya hal ini sangat luar biasa serta menjadi kebanggaan bagi Kelurahan Gadang bisa masuk nominasi yang akan menjadi yang terbaik di Jawa Timur.

“Kami berharap bukan hanya menjadi nominasi saja, kami ingin Kelurahan Gadang bisa menjadi yang terbaik dengan meraih juara pertama. Ini menjadi bukti dari kolaborasi yang bagus antara pemerintah Kota Malang, masyarakat dan Kelurahan Gadang untuk bisa terus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat. Termasuk dengan melakukan inovasi inovasi yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus tantangan zaman,” terang Wahyu.

Salah satu inovasi Kelurahan Gadang adalah dengan didirikanya Kampung Aksara yang menghidupkan kembali aksara jawa kuno disetiap sudut kampong. Adanya inovasi ini diharapkan bisa membantu masyarakat terus melestarikan budaya leluhur bangsa yang sangat luar biasa.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur, Ir. Budi Sarwoto., M.M. menjelaskan kehadiran tim penilai di Kota Malang adalah untuk melakukan penilaan dan evaluasi terhadap Desa dan Kelurahan. Di mana tahun 2024 penilaan dan evaluasi Desa dan Kelurahan di Provinsi Jawa Timur ini diikuti sebanyak 28 Kabupaten dan Kota.

“Saya ucapkan selamat untuk Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun atas masuknya dalam tiga besar nominasi tingkat Provinsi Jatim dan kini dilakukan penilaian lapang,” terang Budi.

Dalam penilaian lapang ini akan melihat atau memverifikasi secara langsung ke lapangan apa yang telah dipaparkan Kelurahan Gadang pada sesi penilaian sebelumnya yang dilakukan secara online. Sehingga bisa melihat langsung ke lokasi apakah yang sudah dipaparkan secara online benar adanya di lapangan.
“Inovasi yang dilakukan Kelurahan Gadang cukup banyak, kalau tidak salah ada 11 inovasi yang disampaikan saat pemaparan online. Salah satunya terkait dengan Kampung Aksara sebagaimana halnya yang sudah disampaikan Pj. Wali Kota Malang,” tegas Budi.

Selain Kota Malang ada 2 kelurahan lain yang masuk nominasi juara Lomba Desa dan Kelurahan di wilayah Provinsi Jatim yaitu Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya dan Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto. Dari tiga wilayah ini nantinya akan ditentukan menjadi yang terbaik di Jawa timur serta akan menjadi wakil Provinsi Jawa Timur maju ke tingkat nasional. (cah/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content