Religi

Safari Ramadan di Masjid An-Nahdlah, Sejumlah Bantuan Disalurkan

Blimbing (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melakukan Safari Ramadan di Masjid An-Nahdlah Jl. Lahor 38 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing Kota Malang, Sabtu (16/3/2024).

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat (empat dari kanan) foto bersama saat Safari Ramadan 

Pada kesempatan ini Pj. Wali Kota Malang menyerahkan beberapa bantuan, diantaranya bantuan untuk masjid, bantuan pangan sebagai upaya pencegahan stunting serta wujud intervensi pengendalian inflasi, dan bantuan untuk anak yatim dan duafa.

“Pada Safari Ramadan kedua yang kami (Pemkot) lakukan bersama PCNU kali ini, sebagaimana Safari Ramadan sebelumnya, kami menyalurkan bantuan-bantuan yang dibutuhkan oleh jemaah, serta warga sekitar masjid,” jelasnya.

Wahyu mengatakan bahwa salah satu bantuan yang diserahkan adalah bantuan sembako. Mengingat beberapa penerima manfaat masuk dalam kategori stunting, Wahyu berharap melalui bantuan pangan ini dapat memberikan manfaat sehingga target percepatan penurunan stunting segera tercapai.

Adapun isi paket bantuan pangan yang diserahkan adalah ikan nila, telur, mentimun, terong, cabai, brokoli, buncis, kacang panjang, kubis, tomat, gambas, kangkung, serta daun bawang. Selain merupakan bentuk pencegahan dan penanganan stunting, ini juga merupakan intervensi pengendalian inflasi.

“Safari Ramadan ini mudah-mudahan dapat memberikan manfaat pada warga sekitar masjid yang kami datangi. Kita mengawali Ramadan dengan beberapa hal, setelah pemilu kemarin mungkin dirasakan beberapa harga pokok naik. Pemkot Malang terus melakukan berbagai upaya sesuai arahan Mendagri sebagai upaya intervensi, dalam menekan harga-harga,” bebernya.

Dengan begitu, harapannya harga bahan pokok terkendali serta hasil dari berbagai upaya tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat. Melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, salah satu upaya yang dilakukan adalah hadirnya Warung Tekan Inflasi yang telah dilaksanakam di Pasar Dinoyo, Pasar Blimbing dan Pasar Besar.

“Dengan terus mengobarkan semangat ukhuah islamiah, melalui kegiatan Safari Ramadan diharapkan dapat menyatukan gerak langkah seluruh pihak, baik warga dengan pemerintah, serta ulama dengan umara,” harapnya.

Lebih jauh Wahyu menuturkan bahwa pada 1 April mendatang Kota Malang akan berulang tahun. Tema yang diangkat pada perayaan HUT ke-110 Kota Malang yakni Berselaras untuk Kota Malang Berkelas, yang dimaksudkan seluruh elemen dapat berselaras agar Kota Malang naik kelas. “Kami berharap bukan hanya Pemkot Malang saja yang merasakan gegap gempitanya, tapi juga masyarakat turut merasakan,” tambah Wahyu.

Dalam Safari Ramadan ini, selain melaksanakan salat tarawih bersama serta penyerahan bantuan, juga disediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, bazar murah yang melibatkan UMKM.

“Selamat menunaikan ibadah puasa. Mudah-mudahan masyarakat Kota Malang dapat beribadah di bulan Ramadan ini dengan baik. Semoga Safari Ramadan ini dapat memberikan manfaat bagi jemaah di sini, termasuk kita menyalurkan bantuan ini adalah wujud dari empati,” pungkasnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content