Berita inflasi

Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi, TPID Kota Malang Siap Ikuti Arahan Presiden

Klojen (malangkota.go.id) – Secara nasional angka inflasi saat ini berada di angka 2,84 persen dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11 persen. Ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Meski begitu, semua pihak harus tetap waspada, tetap berhati-hati dan jangan sampai lengah.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi secara virtual dari Ruang Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang

Hal ini yang ditekankan Presiden RI Joko Widodo saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Jumat (14/6/2024). Disampaikan Presiden RI pengendalian inflasi ini sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap kepala daerah.

“Apabila inflasi terkendali, maka tidak akan memicu kenaikan harga kebutuhan. Oleh sebab itu, setiap saya ke daerah, ketika bertemu bupati, wali kota dan gubernur, saya selalu menanyakan berapa besaran inflasinya,” imbuh Presiden RI yang akrab disapa Jokowi itu.

Dengan menjaga inflasi, maka kita akan peduli pada hal-hal penting.” Kalau inflasi tinggi maka masyarakat yang akan langsung terimbas dampaknya,” imbuh Presiden Jokowi.

Lebih jauh dikatakannya bahwa tahun 2050 diprediksi dunia akan mengalami kelaparan berat, jika tidak ada antisipasi. Tak kurang dari 50 juta petani pun diperkirakan akan kekurangan pangan karena tidak ada air. “Jadi jangan main-main dengan kekeringan dan gelombang panas. Dalam tiga bulan ini saya perintahkan berbagai pihak terkait, seperti Kementerian Pertanian dan jajaran TNI Polri untuk menyalurkan bantuan sekitar 30 ribu pompa air, khususnya ke daerah-daerah yang produksi padinya tinggi,” beber Presiden Jokowi.

Tahun ini, pemerintah menargetkan akan membangun waduk dan bendungan di 61 titik.” Pada Juli nanti, diprediksi juga akan ada badai El Nino, sehingga dengan berbagai langkah itu maka diharapkan produksi padi tidak turun,” terangnya.

Pada rakornas ini jajaran Pemkot Malang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang juga mengikuti secara virtual dari Ruang Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang, Subkhan mewakili Sekda Kota Malang mengamini arahan Presiden Joko Widodo. “Tentu kami memperhatikan dan akan mengikuti apa yang disampaikan Bapak Presiden tadi,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini TPID Kota Malang selalu berupaya agar inflasi dapat terkendali dengan baik. “Kita selalu berkoordinasi dengan anggota TPID, seperti Perum Bulog, Pertamina, Bank Indonesia serta Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) dalam upaya pengendalian inflasi ini,” pungkas Subkhan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content