Olahraga

Keseruan Senam Kreasi Kebaya di Kedungkandang

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Ratusan peserta mengikuti Senam Kreasi Berkebaya yang dilaksanakan di Lapangan Buring, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Minggu (23/6/2024). Walau memakai kebaya, para ibu-ibu peserta senam mengikuti senam dengan energik. ‘Satukan Gerak Menuju Hidup Sehat’ menjadi jargon Senam Kreasi Berkebaya yang terus didengungkan untuk menambah semangat peserta mengikuti senam.

Senam Kreasi Berkebaya

Bunda PAUD Kota Malang, Dra. Hj. Hanik Andriani Wahyu Hidayat menuturkan bahwa senam berkebaya menjadi ajang berolahraga sekaligus melestarikan budaya berkebaya. “Kita harus mencintai kebaya dan wastra Indonesia. Selain itu kita bisa menunjukkan bahwa perempuan dengan memakai kebaya juga tetap bisa bergerak. Supaya kita semua bisa sehat, semangat, dan persaudaraan juga kita dapatkan,” ujarnya,

Tampak hadir pula pada kegiatan ini Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM. Tak sungkan-sungkan, Pj. Wali Kota Wahyu juga berbaur dan mengikuti senam bersama para peserta. Tentu kehadiran Pj. Wali Kota menjadi motivasi tersendiri bagi peserta. Wahyu menyebutkan bahwa melalui senam ini, warga Malang diajak turut melestarikan kebaya sebagai ciri khas busana Indonesia.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan berbagai stan pelayanan publik dari Dispendukcapil, Dinsos P3AP2KB, Disnaker PMPTSP, Diskopindag, Bapenda, Perumda Tugu Tirta, Tugu Artha, serta pelayanan kesehatan dari puskesmas. Selain itu juga dimeriahkan dengan  bazar UMKM. Setiap kelurahan di Kecamatan Kedungkandang memamerkan produk unggulannya. Adanya stan UMKM ini juga sebagai bentuk dukungan Pemkot Malang untuk memberdayakan UMKM agar makin dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga.

“Kami ingin menaikkan UMKM Kota Malang untuk naik kelas. Kita bersama para kepala perangkat daerah akan meninjau dan membeli produk-produk UMKM. Kita bisa merasakan produk UMKM ini baik saat mencoba langsung dengan membeli, tidak hanya melihat. Kalau bukan dimulai dari kita sendiri siapa lagi, setelah itu kita juga bisa promosikan kepada masyarakat secara lebih luas,” ujarnya.

Eni Yustifah, salah satu peserta yang berasal dari Kelurahan Arjowinangun amat mengepresiasi gelaran Senam Kreasi Berkebaya yang dipadukan dengan layanan pubik dan promosi UMKM. “Senang sekali ada acara seperti ini. Ini tadi ada cek kesehatan gratis. Kami sebagai warga sangat butuh pemeriksaan dasar seperti ini, apalagi gratis. Juga ada UMKM, selain meningkatkan ekonomi warga, kita juga tahu apa saja produk-produk UMKM yang ada sehingga kalau ada tamu kita juga bisa mengenalkan produk-produk yang ada di Kecamatan Kedungkandang,” terangnya.

Sementara itu, Mave salah satu pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan ini menuturkan event yang menggandeng UMKM seperti ini sangat membantu untuk bisa dikenal oleh masyarakat sekitar. “Event seperti ini juga bisa meningkatkn kreativitas, kreasi masyarakat, juga tentunya meningkatkan ekonomi,” ungkap pemiliki UMKM ‘Raisa Nova Galerry’ ini. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content