Berita Olahraga

Anggaran Porprov IX Jatim 2025 Akan Dikolaborasikan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi

Klojen (malangkota.go.id) – Pj Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengungkapkan akan mengalokasikan anggaran Rp50 miliar untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Jawa Timur 2025 mendatang. Dalam hal ini karena nantinya Kota Malang akan menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan bersama Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, menyampaikan jika anggaran tersebut masih bersifat hitungan sementara dalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

“Kami masih belum bisa memastikan, tapi ini dari RAB sementara itu sudah disampaikan oleh Pj Wali Kota Malang untuk perbaikan sarana prasarana maupun upaya peningkatan prestasi. Hitungan sementara di kisaran Rp50 miliar,” jelasnya.

Anggaran tersebut, dikatakan Baihaqi akan disiapkan diantaranya untuk sarana dan prasarana olahraga yang masih harus dilakukan pembenahan dan perbaikan. “Upaya itu akan dioptimalkan dan tentu harus mendapat persetujuan dari DPRD Kota Malang,” imbuhnya.

“Alokasi anggaran itu akan kita maksimalkan di APBD 2024. Mudah-mudahan juga ada sinergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat supaya tidak terlalu membebani APBD Kota Malang,” urai Baihaqi.

“Selain itu, persiapan dari masing-masing cabang olahraga (cabor) juga akan terus dimaksimalkan, sehingga diharapkan nantinya dapat mengejar prestasi yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Lebih jauh dia mengatakan jika beberapa cabor nanti akan dievaluasi dari pelaksanaan Porprov Sidoarjo tahun ini. Misalnya cabor yang perorangan akan lebih dimaksimalkan karena dari perorangan pengumpulan medalinya cukup banyak.

“Meski demikian, tidak akan mengabaikan cabor beregu yang juga akan dìlakukan pembinaan secara intensif. Begitu nanti kita dapat membidik cabor perorangan itu, saya kira sudah signifikan nanti kenaikan medalinya,” pungkas Baihaqi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content