Hukum, Politik, dan Pemerintahan Pendidikan

Himpun Data Statistik, Pemkot dan BPS Kota Malang Gandeng UB

Klojen (malangkota.go.id) – Keberadaan data yang akurat dan terkini menjadi kebutuhan vital dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan serta pelaksanaan berbagai program dan kebijakan pembangunan daerah. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM kala memberangkatkan 160 mahasiswa peserta Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tematik Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) di Balai Kota Malang, Senin (24/6/2024).

Pj. Wali Kota Malang, Kepala BPS Kota Malang, Sekda Kota Malang foto bersama mahasiswa UB

Kelurahan Cantik merupakan sebuah upaya yang digagas oleh Badan Pusat Statitik (BPS) untuk memberikan pembinaan statistik sektoral di tingkat kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif. Pj. Wali Kota Malang sangat mengapresiasi program BPS ini karena data didapatkan secara berjenjang, dimulai dari tingkat terbawah dalam pemerintahan yakni kelurahan. “Dengan data yang valid dan akurat, maka akan menghasilkan analisa kebijakan yang tepat sasaran,” tegasnya.

Namun demikian, masih perlu dilakukan pembinaan dan pendampinvan untuk menghadirkan pengelolaan data yang komprehensif dan berkesinambungan. Wahyu mendukung pelibatan para mahasiswa dari Fakultas MIPA Universitas Brawijaya untuk melaksanakan tugas pengabdian bagi masyarakat dengan memberi pendampingan menghimpun dan mengolah data statistik di 57 kelurahan di Kota Malang.

“Terima kasih kepada BPS dan Fakultas MIPA UB karena ikut berkontribusi dalam penyediaan data potensi kelurahan di Kota Malang. Dengan data tersebut, tentu akan mendukung percepatan tercapainya prioritas pembangunan daerah yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kita Malang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Malang Umar Sjaifudin, M.Si mengungkapkan bahwa ini menjadi salah satu kerja sama dengan Fakultas MIPA UB untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan statistik di kelurahan. “Dengan ini kami ingin mendukung pemerintah kota untuk mempublikasikan data-data potensi di setiap kelurahan,” sambungnya.

Umar menyebut, BPS juga akan mendampingi para mahasiswa tersebut. “Jadi bersama kita akan menggali dan melihat potensi di kelurahan dalam bentuk data, mungkin nanti kita bisa buat infografis dari perwujudan dari output. Akan banyak sekali data yang kita gali, misalnya jumlah UMKM,” terangnya.

Acara pelepasan ini dirangkaikan dengan pencanangan 100 persen Kelurahan Cinta Statistik di Kota Malang yang ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Implementasi Program Kelurahan Cinta Statistik oleh Pj. Wali Kota, Kepala BPS, Wakil Dekan Fakuktas MIPA UB, kepala perangkat daerah terkait, serta seluruh camat dan lurah se-Kota Malang. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content