Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Berperan Aktif, HMI Malang Mendaftar Jadi Anggota LPP 2024

Blimbing (malangkota.go.id) – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang lakukan audiensi dengan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Malang di Kantor Bawaslu Kota Malang, Senin (8/5/2023). HMI Cabang Malang turut mendaftar anggota Lembaga Pemantau Pemilu 2024

HMI Cabang Malang mendaftar anggota Lembaga Pemantau Pemilu 2024

Sebagai organisasi independen, HMI wajib hukumnya untuk berperan aktif dalam sistem pengawasan terhadap Pemilu, sehingga dapat melahirkan demokrasi berintegritas di wilayah Kota Malang.

Ketua HMI Cabang Malang Bidang Pembangunan Demokrasi Politik, Achmad Faizal N. Kuncoro menyampaikan bahwa menghadirkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas membutuhkan sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder termasuk partisipasi dari masyarakat.

“Salah satu aksi nyata yang dapat diberikan untuk melahirkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas yaitu mendaftarkan diri kepada Bawaslu Kota Malang sebagai Lembaga Pemantau Pemilu,” kata Faizal sapaan akrabnya.

Diketahui bersama bahwa proses transisi kepemimpinan di tahun 2024 dilaksanakan secara serempak. Maka, proses pengawasan partisiparif di setiap level sangat penting. “Pada proses transisi kepemimpinan pada tahun 2024 memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi, itu terlihat bagaimana pemilu dilaksanakan secara serempak,” terang Faizal

Dengan adanya Lembaga-lembaga pemantau pemilu yang sudah daftar, Bawaslu sangat terbantu dan membuka selebar-lebarnya pintu untuk pendaftar sebagai pemantau. “Selain itu, HMI Cabang Malang mewakafkan diri untuk menjadi mitra kritis dan sekaligus mitra strategis untuk Bawaslu Kota Malang dalam meningkatkan pengawasan pemilu,” lanjut alumni FEB UMM ini.

Dikatakannya, HMI pun memiliki sebagai Kader Umat dan Kader Bangsa, sudah selayaknya semangat Nasionalisme di setiap diri kader tetap dirawat dan di jaga. Dengan partisipasinya HMI Cabang Malang di pengawasan ini mampu berdampak baik bagi masa depan Kepemimpinan Demokrasi Politik di masa depan.

“Masa depan adalah kita. Sebagai Kader Umat dan Bangsa, kita wujudkan pemilu ke depan dengan semangat ke-Indonesiaan serta dapat mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridai Allah SWT”, beber Faizal.

Langkah HMI Cabang Malang ini mendapat apresiasi positif dari Ketua Bawaslu Kota Malang Alim Mustofa. Pihaknya pun berharap nantinya hasil pemilu sesuai yang diharapkan oleh organisasi kepemudaan ini dan masyarakat pada umumnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content