Berita

Penguatan Peran Satlinmas Jelang Pilkada 2024

Klojen (malangkota.go.id) – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan lingkungan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pencegahan, pengamanan, dan penanggulangan berbagai tantangan bersama yang mungkin timbul, termasuk selama penyelenggaraan Pesta Demokrasi. Dalam rangka meningkatkan peran Satlimas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan Linmas dari berbagai wilayah Kota Malang di Hotel Savana, Kamis (4/7/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM  menghadiri rapat koordinasi dengan perwakilan Linmas dari berbagai wilayah Kota Malang

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pileg dan Pilpres lalu dapat dikatakan berhasil, serta berjalan aman, lancar, dan kondusif. Kesuksesan penyelenggaraan ini berkat kolaborasi berbagai pihak, termasuk anggota linmas yang kini berjumlah 4.485 personel. “Terima kasih kepada seluruh anggota yang telah mengemban tugas dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati serta tidak mengenal lelah. Tidak berlebihan pula apabila saya pribadi memberikan gelar para anggota Linmas sebagai pahlawan demokrasi,” ungkapnya.

Wahyu pun mendorong Linmas untuk melakukan evaluasi sebagai bekal dalam mempersiapkan diri menyongsong gelaran Pilkada. Evaluasi peran Linmas ini menjadi sebuah langkah yang krusial, mengingat ada kemungkinan peningkatan dinamika politik dan sosial.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan akan ada berbagai penyesuaian dalam penugasan Linmas dalam Pilkada mendatang, mengingat jumlah TPS tak sebanyak saat penyelenggaraan Pileg dan Pilpres lalu, yakni dari 2.440 TPS menjadi 1.773 TPS. Status kesehatan para anggota Linmas juga akan menjadi perhatian. Bersama Kepala Satpol PP, Wahyu menyampaikan akan melihat kesiapan fisik juga usia anggota, riwayat penyakit, hingga mengatur jadwal tugas dengan lebih baik.

“Semoga permasalahan-permasalahan yang timbul kemarin bisa kita minimalisir. Termasuk agar tidak terjadi PSU (Pemungutan Suara Ulang) lagi. Semoga aman dan kondusif,” harap Wahyu.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Malang Heru Mulyono, S.IP, MT mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi langkah evaluasi kinerja Linmas dalam melaksanakan tugasnya saat pileg dan pilpres. Evaluasi ini dibutuhkan dalam mempersiapkan diri dalam penyelenggaraan Pilkada pada bulan November mendatang.

Selain menyiapkan personel dalam rangka Pilkada, Heru menuturkan bahwa dengan perkembangan zaman sekarang Linmas pun didorong memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

“Kalau panjenengan memiliki kompetensi tersebut, bisa seperti rekan-rekan di Satpol PP, arahnya ke sana. Selain itu, akan dikenalkan tentang aplikasi Sinlimas (Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Linmas). Jadi segala aktivitas atau kejadian yang ada dapat diinput dalam aplikasi tersebut, sehingga dapat diketahui dan dipantau juga oleh pemangku wilayah,” terangnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content