Berita Pelayanan Publik

Jurus Jitu Pemkot Malang dalam Percepatan PBG/SLF

Klojen (malangkota.go.id) – Berkaitan dengan Persetujuan Bagunan Gedung (PBG)/Sertifikat Laik Fungsi (SLF), di Kota Malang hingga bulan Mei 2024, kurang lebih 6.000 pengajuan izin bangunan belum terselesaikan, akan tetapi dalam kurun waktu 45 hari terakhir sudah terselesaikan 5.000 izin.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat menghadiri rangkaian program percepatan PBG/SLF Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang

Dengan kata lain, melalui sejumlah terobosan dan langkah nyata, hingga minggu kedua bulan Juli 2024 tersisa sekitar 1.000 pengajuan izin yang terus dikebut. Jumlah sisa pengajuan tersebut ditargetkan selesai pada akhir Juli dan langkah tersebut optimistis akan terealisasi dengan baik.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam rangkaian program percepatan PBG/SLF di Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang, Rabu (10/7/2024) mengatakan bahwa pencapaian dan kinerja jajarannya harus diakui sudah sangat baik dan patut diapresiasi.

Dari capaian ini setiap hari setidaknya ada 200 pengajuan izin yang terselesaikan. Langkah ini memang harus dilakukan agar tidak menghambat masuknya investor. “Jika proses perizinan mudah, cepat dan akurat, maka investasi ke Kota Malang akan mengalir deras,” ungkap orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu.

Kenapa pengajuan dan proses perizinan selama ini terkesan lama, dikatakan Wahyu memang ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Misalnya, terkait persyaratan yang harus dipenuhi pemohon izin kurang lengkap. “Dari kondisi ini kita bantu sehingga bisa segera kelar, namun tidak melanggar aturan yang berlaku,” tegas Wahyu.

“Selain inspeksi, kita juga membentuk tim khusus untuk melakukan hal itu. Pemohon izin kita panggil, kita tanya permasalahannya apa, keinginannya seperti apa, dan kita diskusikan hingga selesai. Dengan salah satu cara itu, alhamdulillah terselesaikan,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content