Berita

KORMI Kota Malang Gelar FORKOT I 2024

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Dalam rangka memasyarakatkan olahraga serta menjaring bibit berprestasi, Festival Olahraga Masyarakat Kota (FORKOT) I Kota Malang 2024 yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Malang resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di GOR Ken Arok Kota Malang, Rabu (10/7/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat memberikan sambutan pada Festival Olahraga Masyarakat Kota (FORKOT) I Kota Malang 2024

FORKOT merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengoordinasikan dan menjaring penggiat-penggiat berprestasi yang selanjutnya dapat didelegasikan pada festival olahraga tingkat provinsi, nasional dan internasional. “Saya mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang dilakukan oleh KORMI Kota Malang, karena beberapa event yang sudah dilakukan sangat luar biasa,” terang Wahyu.

Wahyu menyebutkan, Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) I Jawa Timur (Jatim) digelar di Kota Malang tahun 2023 lalu. Lalu saat ini FORKOT I Kota Malang juga menjadi yang pertama digelar di Jawa Timur.

“FORKOT I Kota Malang dilakukan sebagai persiapan untuk FORDA yang kedua di Surabaya bulan November 2024 mendatang. Kemarin di FORDA I, Kota Malang sebagai tuan rumah itu urutan kedua dan skornya juga beda tipis dengan Kota Surabaya. Dan sekarang sudah ada persiapan dari FORKOT yang pertama ini di Kota Malang yang diselenggarakan oleh KORMI Kota Malang untuk persiapan FORDA yang kedua di Surabaya,” paparnya.

Wahyu optimis Kota Malang akan bisa menduduki urutan pertama pada FORDA II nanti. Ia mengungkapkan bahwa Pemkot Malang sangat mendukung mulai dari penyelenggaraan, pembinaan maupun nanti saat pelaksanaan FORDA mendatang.

Sementara itu, Ketua KORMI Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan bahwa FORKOT I 2024 ini diikuti oleh 2.000 penggiat dengan 27 Induk Organisasi Olahraga (Inorga) yang akan digelar di 14 venue pertandingan fasilitasi dari Pemkot Malang.

“Nanti untuk FORDA II di Surabaya itu ada 37 Inorga sehingga kita harus membangun dan memberikan semangat kembali kepada Inorga-Inorga yang belum ikut festival. Kita akan berupaya semaksimal mungkin, tentu tidak bisa sendiri harus bersama-sama karena ini adalah olahraga yang lahir dari masyarakat. Oleh karena itu butuh support dari semua pihak,” pungkasnya.

Turut hadir dalam opening ceremony yang mengangkat tema ‘Menuju Indonesia Bugar 2045’ ini Ketua Umum KORMI Jawa Timur untuk masa bakti 2021-2025, Hudiyono, perwakilan Forkopimda, DPRD Kota Malang, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Malang. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content