Ekonomi Kreatif Siaran Pers

Menparekraf Dukung Pengembangan Wisata dan Ekraf Kota Malang

Siaran Pers
Minggu, 28 Juli 2024
Menparekraf Dukung Pengembangan Wisata dan Ekraf Kota Malang


Kota Malang – Kota Malang nyatanya telah memikat Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabaparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Tak hanya karena bentang alam yang indah, namun juga berkat potensi kreatif di dalamnya.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat di sela kunjungannya menikmati penampilan band di salah satu sudut kawasan Kayutangan

“Kita akan bantu terus promosinya. Kalau saat ini saya lihat dua subsektor yang unggul, yakni kuliner dan fesyen. Subsektor lain akan terus kita dorong untuk makin berkembang, seperti musik, film, animasi, juga kriya,” terang Menteri Sandiaga dalam kunjungannya ke Kampoeng Heritage Kajoetangan, Minggu (28/7/2024).

Menparekraf juga amat mengapresiasi capaian Kota Malang yang berhasil menyabet Predikat Kota Terbaik I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Waktu dulu saya datang ke sini saya lihat ada yang spesial di sini. Saya susuri sungai, lalu ke pasarnya, juga masyarakatnya sangat partisipatif sekali. Sangat bersyukur, program yang kita dorong ADWI 2022 telah membuahkan hasil di tingkat nasional. Saya juga mendorong ini untuk bisa naik di level internasional dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan desa wisata di tingkat ASEAN, Asia, juga tingkat dunia nantinya,” tuturnya memotivasi.

Menteri Sandiaga menyebut strategi pengembangan wisata untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan adalah dengan diselenggaralannya beragam event. Pihaknya pun mendorong Pemkot Malang untuk menggelar berbagai kegiatan untuk menaikkan kunjungan di Kota Malang, seperti melalui gelaran sport tourism. “Malang juga harus punya event berkelas internasional, baik olahraga, seni budaya, musik, film, atau subsektor lain, terlebih sudah didukung adanya MCC. Saatnya kita ciptakan event berkelas dunia,” pungkasnya.

Menanggapi arahan Menparekraf, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyatakan bahwa Kota Malang telah berkomitmen dalam pengembangan sport tourism. “Sport tourism ini sudah menjadi fokus kami. Jadi dengan sport tourism ini akan menunjang kunjungan wisata di Kota Malang. Tahun 2025 mendatang kita juga menjadi tuan rumah Porprov IX Jatim yang tentunya juga akan menguatkan sport tourism kita,” bebernya.

“Kami juga punya MCC yang merupakan tempat untuk mengembangkan 17 subsektor ekonomi kreatif di Kota Malang. Mudah-mudahan fasilitas akan bisa kami tingkatkan lagi, karena kami punya target untuk menjadi Kota Kreatif Dunia versi UNESCO pada tahun 2025 mendatang. Kami tentu sangat mengharapkan dukungan dari Mas Menteri,” tutup Wahyu.


Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang
Alamat : Perkantoran Terpadu Gedung A Lt. 4
Jl. Mayjend. Sungkono Malang 65132
No. Telepon : (0341) 751550
Website : http://kominfo.malangkota.go.id
E-mail : kominfo@malangkota.go.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content