Berita

DLH Bangun RTH di Simpang Jl. Gajahmada, Ada Monumennya

Sukun (malangkota.go.id) – Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi salah satu penunjang keindahan suatu daerah. Selain itu, RTH juga sangat penting untuk pemenuhan kecukupan akan oksigen, menjadi daerah resapan air, dan manfaat lainnya. Oleh karena itulah saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus berupaya menambah keberadaan RTH.

Kepala Bidang RTH DLH Kota Malang, Laode KB Al Fitra saat ditemui pada Kamis (01/08/2024), mengungkapkan DLH Kota Malang akan menambah RTH di simpang Jl. Gajahmada, Kecamatan Klojen. Di pertigaan jalan tersebut, akan ada taman berbentuk segitiga yang ditanami berbagai jenis tanaman. Di tengah taman rencananya akan dibangun Monumen Bola dengan dikeliling pagar berkonsep kolonial.

Pagar berkonsep kolonial itu menurutnya akan semakin menguatkan karakter heritage di Kota Malang. “Pagar tersebut akan mengitari taman yang seluas 36,61 meter persegi, dan Monumen Bola dengan lebar sekitar dua meter dengan tinggi 2,48 meter,” jelas Laode.

Untuk pengerjaan taman ini sudah dimulai sejak awal Juli 2024 dan diprediksi selesai pada akhir Agustus 2024. Dengan adanya monumen ini, dikatakannya selain dapat menambah keindahan Kota Malang, juga sebagai simbol atau melambangkan identitas kota yang dikenal dengan klub sepak bolanya, yaitu Arema FC.

“Rencana pembangunan RTH sebenarnya tahun lalu. Namun karena adanya keterbatasan anggaran dan adanya perubahan alokasi anggaran, maka baru bisa dilaksanakan tahun ini,” pungkas Laode. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content