Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Kunjungi Bakesbangpol, Pj. Wali Kota Malang Rakor Bahas Kesiapan Pilkada

Blimbing (malangkota.go.id) – Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kota Malang 2024, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM memberikan perhatian tersendiri dengan menggelar rapat koordinasi di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang dalam rangkaian road show rakor dan evaluasi terbatas, Kamis (12/9/2024).

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan (tengah) saat memimpin rakor

Pj. Wali Kota Malang Iwan Kurniawan mengungkapkan hajatan besar Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kota Malang setelah melihat di media massa dan laporan kinerja di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjalan lancar dan kondusif. “Pelaksanaan Pilkada Kota Malang nanti kita harus menjaga kondusivitas. Kita punya pengalaman sukses penyelenggaraan di Pilpres kemarin,” jelasnya.

Iwan pada kesempatan ini juga meminta kepada Bakesbangpol untuk memastikan persiapan Pilkada Kota Malang bisa berjalan dengan baik. “Rapat koordinasi akan kami gelar bersama Forkopimda untuk kita buka data. Jadi misalnya kepolisian memberikan data personel yang akan ditempatkan di TPS, hingga pengamanan pendistribusian logistik ataupun APK. Kemudian melihat data personel dari KPU atau petugas yang akan ditempatkan di TPS, lokasi TPS, dan lain-lain harus punya data,” urai Iwan.

Lebih lanjut Pj. Wali Kota Malang mengingatkan terkait tingkat partisipasi warga Kota Malang yang telah memiliki hak suara dalam Pilkada Serentak nanti. “Dispindukcapil harus ada data terkait dengan potensi masyarakat yang sudah bisa memilih atau wajib memilih. Sudah berusia 17 tahun pada saat memilih harus memiliki KTP. Jangan sampai terjadi wajib memilih tidak memiliki KTP, sehingga tidak bisa memilih,” tutur Iwan.

Sementara itu Plt. Kepala Bakesbangpol Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM mengatakan kunjungan kerja Pj. Wali Kota Malang bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Malang ke Bakesbangpoll adalah berkaitan dengan pengawalan Pilkada Kota Malang agar berjalan aman dan kondusif. Mulai dari proses pentahapan, berkaitan dengan sarana dan prasarana, dan berkaitan dengan orang, badan maupun tim di masyarakat.

“Berkaitan dengan pentahapan sudah kita lakukan semuanya, kita memonitor kegiatan yang ada dan sampai saat ini adalah dalam tahap pendaftaran,” ujar Ali.

Mengingat pelaksanaan Pilkada adalah saat musim penghujan, Alie berharap ada langkah mitigasi. “Harapan dari kami adalah ada pengamanan mitigasi berkaitan dengan surat suara, TPS, berkaitan dengan pendistribusian, maupun berkaitan dengan lokasi,” tambahnya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, harapannya pelaksanaan Pilkada di Kota Malang berjalan lancar, aman, kondusif, dan tingkat partisipasi pemilih tinggi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content