Berita Ekonomi Kreatif Prestasi dan inovasi

Kota Malang Lolos 4 Besar Seleksi Nasional UCCN

Malang (malangkota.go.id) – Kota Malang berhasil meraih prestasi gemilang dengan lolos ke tahap empat besar Seleksi Nasional UNESCO Creative Cities Network (UCCN) tahun 2025. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) serta tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kota Kreatif dunia kepada Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Dwi Rahayu, Senin, (23/9/2024).

Dok: ist

Prestasi membanggakan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak di Kota Malang, mulai dari pemerintah kota, pelaku industri kreatif, hingga masyarakat. Dengan lolosnya Kota Malang ke tahap empat besar ini semakin membuka peluang bagi Kota Malang untuk diakui secara internasional sebagai kota kreatif yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu, yang juga merupakan Ketua Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kota Malang menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. “Prestasi ini merupakan bukti nyata bahwa Kota Malang memiliki potensi besar di bidang industri kreatif. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk kreatif Kota Malang agar dapat bersaing di tingkat internasional,” ujarnya.

UCCN merupakan sebuah inisiatif UNESCO yang bertujuan untuk mempromosikan kerja sama antarkota di seluruh dunia yang memiliki kreativitas sebagai faktor utama dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Kota-kota yang tergabung dalam jaringan ini akan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan industri kreatif.

Setelah lolos ke tahap empat besar, Kota Malang akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yang akan dilakukan oleh UNESCO. Tahap ini akan melibatkan penilaian yang lebih mendalam terhadap berbagai aspek, seperti komitmen pemerintah, dukungan masyarakat, serta potensi pengembangan industri kreatif di Kota Malang.

Melalui pemberitaan kelolosan empat besar unggulan wakil Kota Kreatif Dunia ini, Panselnas dan Kemenparekraf akan kembali mengunjungi kota-kota yang lolos empat besar tersebut, termasuk Kota Malang. Rencananya visitasi ini akan dilaksanakan di Kota Malang pada 25-27 September 2024 mendatang.

Dengan lolosnya Kota Malang ke tahap emoat besar Seleksi Nasional UNESCO Creative Cities Network ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi berbagai sektor, seperti meningkatnya pertumbuhan industri kreatif dan menciptakan lapangan kerja baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya, meningkatnya sektor wisata, hingga meningkatnya citra Kota Malang di mata dunia sebagai kota yang kreatif dan inovatif.

Selain Kota Malang, daerah lain yang lolos empat besar adalah Kota Makassar, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Tangerang. Kota Malang sendiri mengajukan diri untuk menjadi Kota Kreatif Dunia 2025 dalam kategori Media Art. Kategori ini diajukan Kota Malang berkaca dari besarnya potensi kreativitas Kota Malang dalam Media Art, seperti melimpahnya program dan inisiatif maupun event yang berkaitan dengan seni media. Mulai dari Festival Mbois, Malang Flower Carnival, Posko Visual, hingga beragam ruang publik kreatif yang dapat menyokong kolaborasi dan sinergi dari para pelaku seni media.

Kota Malang juga dijuluki sebagai ‘City of Talent’, yang mana ini berarti Kota Malang memiliki segudang talenta potensial yang dapat berkreasi dan berinovasi di kota ini. Apalagi didukung dengan berbagai ruang kreatif bersama yang dapat dimanfaatkan, Kota Malang digadang-gadang dapat menjadi rumah para insan kreatif saling bersinergi untuk menjadi Kota Kreatif level dunia.

Sumber: https://indiekraf.com/kota-malang-lolos-4-besar-seleksi-nasional-unesco-creative-cities-network/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content