Berita

Tiga Kepala Daerah Gagas Forum Malang Raya Maju Bersama

Klojen (malangkota.go.id) – Tiga kepala daerah di Malang Raya berkomitmen untuk bersinergi dalam kebijakan dan pembangunan daerah. Plt. Wali Kota Malang, Bupati Malang, serta Wali Kota Batu menyepakati untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi bersama dalam semangat Malang Raya.

Foto bersama usai pertemuan perwakilan Pemerintah Malang Raya

“Kita akan bangun tradisi bersama dalam satu forum yang menghadirkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar ada sebuah konektivitas dan sinergitas program,” kata Plt. Wali Kota Malang Drs. Sutiaji.

Mengawali komitmen, telah dilakukan pertemuan amatar sekretaris daerah dan jajaran asisten daerah Malang Raya di Ruang Rapat Tumapel Balai Kota Malang, Selasa (7/8). Tampak hadir dalam pertemuan Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH,  Pj. Sekda Kota Batu Edi Murtono dan  Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malang Abdul Kodir.

“Ini (rapat) menindaklanjuti inisiasi dan komitmen dari pimpinan (kepala daerah_red).  Merumuskan teknis kegiatan, topik maupun siapa saja yang terlibat di dalamnya,” kata Wasto usai pertemuan.

Yang utama, imbuhnya, pihaknya sepakat untuk maju bersama, karenanya tajuk yang disepakati ke depan adalah Malang Raya, Maju Bersama.

“Banyak garapan yang bisa dilakukan bersama. Seperti bidang pariwisata, pengolahan sampah,  pengembangan kawasan produktif bersama, dan sektor sektor lainnya. Yang pasti momentum ini akan kami kawal bersama, agar Malang Raya tidak hanya berhenti pada tataran konsep, namun benar benar teraktualisasikan,” urai Wasto yang selalu getol menggelorakan Salam Satu Jiwa Arema itu.

Ada lima poin kesepakatan yang tertuang dalam berita acara rapat bersama, meliputi sepakat untuk merealisasikan rencana pertemuan kepala daerah se-Malang Raya dan melakukan langkah teknis persiapan kegiatan yang dibutuhkan.

Yang kedua, Kota Malang akan menjadi tuan rumah pertemuan yang direncanakan tanggal 27 Agustus atau waktu lain yang disepakati bersama. Ketiga, pertemuan ditujukan untuk menyinergikan komitmen kebijakan Malang Raya yang akan dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman.

Keempat, sebagai tindak lanjut secara simultan akan disusun road map kerja sama Malang Raya dengan didahului proses inventarisasi permasalahan prioritas. Kelima, hasil rapat dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur dengan tembusan Kepala Bakorwil dan kepala daerah se-Malang Raya.

Wasto juga menginformasikan bahwa untuk menguatkan komitmen dan kontinuitas kebijakan,  maka akan didorong masing-masing OPD di Malang Raya juga secara proaktif menggelar komunikasi dan pertemuan secara teknis.

“Pada road map kerja sama nanti juga akan disusun rencana dan target kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dengan goal kemajuan serta kesejahteraan Malang Raya,” kata Edi Murtono, Pj. Sekda Kota Batu.

Poin yang sama juga ditegaskan Abdul Kodir,  Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malang. Menurutnya sinergi menjadi hal penting, karena tidak menutup kemungkinan permasalahan satu daerah tidak dapat diselesaikan sendiri oleh daerah tersebut. Perlu ditopang oleh daerah sekitarnya.

Ini pula yang menjadi target dari forum kali ini. Satu diantaranya disebutkan Abdul Khodir adalah melakukan inventarisasi permasalahan prioritas untuk dicarikan solusi secara bersama dengan semangat maju bersama. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content