Berita Prestasi dan inovasi

Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif dari LKPP RI

Klojen (malangkota.go.id) – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada 13 kabupaten/kota yang kinerjanya moncer dalam bidang pengadaan barang/jasa di Gedung Graha Wyata Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Jalan Kawi 41 Malang, Selasa (24/9/2024). Kota Malang menjadi salah satu penerima penghargaan dan masuk pada urutan keenam kabupaten/kota se-Jawa Timur dengan predikat Baik yang berhasil meningkatkan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) dengan nilai total 82,45.

Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso (kanan) saat menerima penghargaan

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP RI, Suharti, S.Psi, M.Si mengatakan bahwa penghargaan ini adalah Penghargaan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3 atau Proaktif. Diberikannya apresiasi ini, dikatakannya adalah untuk lebih memacu kinerja pemerintah daerah dalam proses pengadaan barang/jaasa, sehingga akan berimbas signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Suharti menegaskan bahwa pengadaan barang/jasa harus transparan, akuntabel dan memprioritaskan potensi daerah, seperti produk yang dihasilkan pelaku UMKM maupun untuk pekerjaan di bidang jasa. Dengan demikian, akan terus menekan angka pengangguran dan akan mengungkit pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Semua proses kita harapkan UKPBJ Proaktif ini sudah satu bekal. Tapi harus didukung semua pihak agar pengadaan ini prosesnya transparan dan berintegritas, itu yang penting. UKPBJ sudah disiapkan, tapi kalau ekosistemnya kurang mendukung maka tidak akan maksimal, dan di sisi lain modal sudah ada, maka sistem harus mendukung. Sistem sudah disiapkan, tinggal orang-orang yang berada di sekitarnya harus turut mendukung. Siapa orang-orang tersebut? Yaitu pimpinan, masyarakat dan pelaku usaha,” urai perempuan berhijab itu.

Para penerima penghargaan ini dikatakannya kinerjanya berpredikat baik dan bagi daerah yang masih menyandang predikat cukup atau bahkan kurang, nantinya akan mendapat pendampingan khusus dari LKPP pusat atau Provinsi Jawa Timur.

Atas raihan prestasi ini, Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso menyampaikan apresiasi kepada jajarannya yang telah bekerja keras selama ini. Menurutnya, pengadaan barang/jasa merupakan indikator utama yang menjadi cerminan tentang tata kelola pemerintahan yang baik.

“Sekali lagi, komitmen Pemkot Malang untuk mewujudkan pemerintahan yang baik mendapat apresiasi, yaitu kategori Proaktif Level 3 atau Bintang 3 saat ini. Meski demikian, kami tidak lantas berpuas diri dengan apa yang diraih saat ini. Kami akan terus melakukan bentuk pembinaan, pematangan dan perbaikan, karena yang namanya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik ini kita tidak akan pernah berhenti untuk melakukannya,” tegasnya.

Disebutkan Sekda Erik, pihaknya juga sangat setuju dengan apa yang disampaikan LKPP RI terkait maksimalisasi potensi daerah, khususnya produk UMKM dalam pengadaan barang/jasa. “Selama ini kami sudah melakukan hal tersebut, dan penghargaan yang didapat kali ini termasuk karena itu semua. Ke depan, kami akan terus meningkatkan dalam pelaksanaannya sehingga akan terus mengungkit perekonomian di Kota Malang,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content