Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Silaturahmi BUMD Air Minum Momen Kuatkan Sinergisitas Wujudkan Optimalisasi Pelayanan

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Sekretaris Darah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MT menghadiri acara silahturahmi BUMD Air Minum se- Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Timur di Kantor Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Rabu (25/9/2024).

Sekretaris Darah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MT (tengah) menghadiri acara silahturahmi BUMD Air Minum se- Jawa Timur

Hal ini tentu menjadi sebuah kehormatan bagi Kota Malang yang dipilih untuk menjadi lokasi kegiatan pertemuan dan ajang komunikasi bagi seluruh instansi layanan air minum se-Jawa Timur. “Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Perpamsi Jawa Timur sekaligus menyampaikan ucapan selamat datang kepada 38 BUMD Air Minum peserta kegiatan,” ucap Sekda Erik.

“Semoga kegiatan silaturahmi ini menjadi momentum penguatan sinergitas antara seluruh BUMD Air Minum di Jawa Timur, yang muaranya demi optimalisasi pelayanan air minum bagi masyarakat,” imbuhnya.

Di era saat ini masyarakat menginginkan pelayanan optimal yang diberikan oleh penyelenggara pemerintahan. Dan menjadi tugas dari pemerintah untuk menghadirkan penyelenggaraan pelayanan publik dalam berbagai sektor pelayanan, terutama sektor publik yang menyangkut pemenuhan hak-hak sipil dan kebutuhan dasar masyarakat, salah satunya adalah layanan air minum.

“Dan sebagai salah satu perusahaan milik daerah, Perumda air minum harus mampu menjawab tantangan di tengah tingginya tuntutan pelayanan dari pelanggan yang heterogen, semakin kritis dan mendambakan pelayanan prima akan kebutuhan air,” urai Erik.

Berinovasi, berkembang dan bersinergi menjadi kunci BUMD air minum dalam menyediakan air minum yang berkualitas, berkuantitas, dan berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pemerintah Kota Malang melalui Perumda Air Minum Tugu Tirta, disebutkan Erik juga berkomitmen untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan perumda air minum dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

“Dari komitmen itu pula telah menghantarkan Perumda Tugu Tirta meraih berbagai prestasi, antara lain yaitu memperoleh Penghargaan Top BUMD Awards 2024 #Bintang 5 pada ajang TOP BUMD Awards 2024 oleh Top Business dan Institut Otonomi Daerah, Juara I BUMD Air Minum (Best Performance) di kategori Cluster Big tingkat nasional PERPAMSI Awards 2024,” ungkapnya.

Tentu raihan ini menjadi sebuah kebanggaan, namun sekaligus menjadi cambuk untuk terus berupaya memantapkan pengembangan inovasi sebagai bentuk adaptasi di era digital demi meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan berbasis teknologi informasi demi terwujudnya efisiensi dan efektivitas pelayanan.

Sebagaimana visi dan misi untuk mewujudkan Perumda Tugu Tirta yang kuat dan militan di internal, mampu bersinergi dengan mitra kerja dan seluruh stakeholder air minum di Tanah Air, serta bertransformasi menjadi BUMD Air Minum terbaik yang terus berprestasi, terus berinovasi dan menjadi role model bagi PDAM lain se-Indonesia.

Maka kegiatan ini disebutkannya dapat menjadi sebuah media yang tepat untuk memanifetasikannya. Selaras dengan hal tersebut, melalui kegiatan pada hari ini yang juga dikemas dalam bentuk pendidikan dan latihan training of trainer, diharapkan dapat meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai BUMD air minum serta untuk merealisasikan Program PD Perpamsi Jawa Timur Tahun 2024.

“Selain itu, sekaligus membentuk sinergitas yang solid bagi PD Perpamsi Jawa Timur beserta seluruh anggotanya dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengarah kemajuan yang positif, serta mencapai hasil terbaik dengan menorehkan prestasi dan kinerja pelayanan yang memuaskan, sebagaimana slogan PD Perpamsi Jawa Timur, yakni Sakduluran Saklawase,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content