Berita Sosial dan Kesra

Gebyar Pemberdayaan untuk Angkat Kelompok Rentan

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang menggelar Gebyar Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Kelurahan Tasikmadu, Minggu (13/10/2024). Berbagai rangkaian kegiatan dalam acara yang diikuti mayoritas kaum hawa ini meliputi pelatihan make up atau merias, pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan lomba peragaan busana tradisional.

Lurah Tasikmadu Adhi Kristanto secara simbolis menyerahkan bantuan untuk masyarakat rentan

Usai membuka acara dan menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM, Lurah Tasikmadu Adhi Kristanto mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan ini adalah wujud kepedulian terhadap warga masyarakat, terutama yang masuk kategori rentan, antara lain lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, fakir miskin dan juga wanita hamil serta anak-anak.

Pihaknya pun menargetkan tidak hanya dapat melahirkan pelaku usaha baru, tapi juga lebih menguatkan daya saing dari usaha yang dijalani selama ini, seperti usaha pembuatan keripik tempe, tahu, buah, serta aneka makanan dan minuman.

Dari pelatihan merias, Adhi berharap akan terlahir pelaku usaha rias pengantin. Sedangkan dari lomba peragaan busana selain melestarikan busana tradisional, nantinya juga diharapkan dapat melahirkan pelaku usaha busana kebaya yang mengikuti tren kekinian, yaitu model busana yang modern akan tetapi tidak menghilangkan ciri khas kebaya itu sendiri.

“Dalam acara ini, semua kita beri kesempatan untuk jualan di bazar dan mengikuti beauty class. Harapannya, nanti bisa mendorong kelompok masyarakat tersebut agar mempunyai kemampuan yang lebih dan bisa mempunyai usaha sendiri,” imbuhnya.

Salah satu peserta pelatihan merias, Diana Nur Utami mengaku mendapat banyak ilmu dan keterampilan baru dari pelatihan ini. Perempuan berhijab ini pun ke depannya tertarik untuk membuka usaha di bidang tata rias.

“Kami ingin ilmu yang didapat hari ini bisa dimanfaatkan di level paling kecil, yaitu keluarga. Kemudian menjadi sebuah usaha kecil menengah, dan siapa tahu bisa menjadi sebuah usaha besar yang bisa menopang perekonomian dan ketahanan sosial keluarga,” ujarnya.

Berbagai upaya pemberdayaan masyarakat ini, disampaikan Lurah Tasikmady akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Bersama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, pihaknya akan memberikan pendampingan, sehingga apa yang ditargetkan yaitu melahirkan dan menguatkan pelaku UMKM dapat terealisasi dengan baik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content