Klojen (malangkota.go.id) – Ratusan warga tampak antusias mengikuti even Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Malang di Gedung DPRD Kota Malang, Minggu (3/11/2024).
Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Malang, Ir. Roos Asri Ratna Wijaya., M.AP. menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk jemput bola yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sebagai upaya mempermudah warga dalam mengurus catatan kependudukan.
Perempuan yang akrab disapa Etna tersebut mengapresiasi antusiasme warga yang hadir pada even GISA yang menandakan bahwa masyarakat Kota Malang sudah memiliki kesadaran akan pentingnya catatan kependudukan.
“Alhamdulillah kita juga kaget, kami bawa formulir sebanyak 850 itu langsung habis. Padahal kami setiap harinya sediakan juga layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, tapi sepertinya memang kalau dibuat even seperti ini warga Kota Malang lebih tertarik,” ungkapnya.
Lebih lanjut Etna menyebutkan, pada event GISA kali ini beberapa layanan diberikan Disdukcapil Kota Malang diantaranya pengurusan Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk perekaman KTP baru juga diutamakan sebagai upaya mendukung kesuksesan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November mendatang. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan penggunaan hak pilih para pemilih pemula.
“Selain itu pelayanan kali ini kita fokuskan untuk akta kelahiran. Karena akta kelahiran ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak yang baru lahir, tetapi juga dibutuhkan oleh anak yang mau sekolah bahkan hingga lansia. Sehingga hari ini kami bantu bisa langsung jadi dalam sehari,” tambahnya.
Salah satu warga yang menerima manfaat dari layanan pada even GISA dari Kelurahan Lowokwaru, Poedjiati (81 tahun) datang untuk mengurus akta kelahiran yang sudah lama hilang. Ia mengaku merasa senang dan terbantu dengan adanya even GISA ini karena proses pengurusannya mudah dan efisien.
“Saya diberi tahu dari WA grup, mumpung ada jadi sekalian saya urus. Ini saya bersyukur, sebab dimudahkan dan merasa dibantu sekali oleh petugasnya terutama untuk lansia seperti saya,” pungkasnya. (iu/yul)