Sosial dan Kesra

Pj. Wali Kota Malang: Rumah Layak Huni Menunjang Kesejahteraan Keluarga

Sukun (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM mengapresiasi program bedah rumah yang dilakukan oleh warga masyarakat yang tergabung dalam komunitas ‘Berkat Malang Gema Kasih Kota Malang’. 20 rumah warga yang telah dibedah secara simbolis diserahkan di aula Perumahan Istana Dieng, Keluranan Pisang Candi Kecamatan Sukun, Sabtu (10/8/2024).

Pj. Wali Kota Malang secara simbolis menyerahkan kunci program bedah rumah

Menurut orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang itu, program bedah rumah tidak hanya membantu warga kurang mampu saja, tapi juga Pemkot Malang. Pasalnya, pemerintah juga memiliki keterbatasan anggaran, sehingga program seperti sangat positif dan bisa diikuti oleh kelompok masyarakat yang lain.

Melalui program ini tentu akan turut menekan angka kemiskinan, karena apabila sebuah keluarga tinggal di rumah yang layak huni, maka derajat kesehatan dan kesejahteraan akan turut meningkat.

“Rumah merupakan tempat berteduh, berkumpulnya keluarga dan akan membentuk keluarga yang baik. Dari sebuah rumah juga akan mencerminkan pola hidup dan kenyamanan bagi keluarga. Maka dari itulah, rumah yang layak huni sangat dibutuhkan bagi warga,” imbuh Wahyu.

Lebih lanjut dia mengatakan, apabila sebuah keluarga bermukim di rumah tidak layak huni, maka akan memicu dan menimbulkan berbagai masalah. “Penyakit akan mudah menyerang, tidak memberi ketenangan karena ada kekhawatiran, terkesan enggan ditinggali dan lain sebagainya,” sambung Wahyu.

“Kami sangat bangga kepada kelompok ini, karena tidak hanya program bedah rumah yang dilakukan selama ini. Kegiatan sosial lain gencar dilakukan dan semoga berbagai hal yang dilaksanakan selama ini, seperti santuan bagi anak yatim, pembagian takjil berbuka puasa dan lain-lain, dapat membawa manfaat besar bagi para penerimanya,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content