Berita

HUT Ke-97 Kota Malang: Pemkot Juga Gelar Berburu Babi

Rangkaian peringatan HUT Kota Malang ke-97 ternyata belum berakhir. Setelah mengadakan pesta rakyat dengan mendatangkan artis ibukota, kejuaraan otomotif berupa road race di sirkuit Simpang Balapan Jalan Ijen, kini Pemkot Malang juga menggelar Lomba Berburu Babi Hutan Walikota Cup se-Jawa Timur. Atlit Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kota Malang diberangkatkan oleh asisten administrasi pembangunan, Jumat (15/4) pukul 08.00 WIB dari halaman depan Balaikota Malang.

Atlit Perbakin diberangkatkan dari halaman depan Balaikota Malang
Atlit Perbakin diberangkatkan dari halaman depan Balaikota Malang

Lomba berburu babi hutan Walikota Cup ini merupakan even kedua, dimana pada penyelenggaraan pertama pada tahun 2010 dimenangkan oleh Hendro Herson dari Perbakin Malang. Saat itu Hendro memenangkan kategori perolehan berat yang mencapai 90,5 kg. Sedangkan untuk kategori buruan paling banyak diraih oleh Yudi K dari Kabupaten Jember yang berhasil menembak 7 ekor babi.

Menurut ketua penyelenggara perlombaan, Y. Sudarman, bahwa lomba berburu babi ini akan berlangsung selama 3 hari. “Para atlit akan menembak babi di seluruh hutan yang ada di Jawa Timur selain hutan lindung. Lomba kali ini diikuti oleh 199 peserta dari Jawa Timur, dan untuk Kota dan Kabupaten Malang yang diberangkatkan hari ini sebanyak 55 atlit,” ujarnya.

Asisten Administrasi Pembangunan Pemkot Malang, Drs. Parmin, M.Si mengatakan, dengan diadakannya lomba menembak babi ini selain sebagai ajang hiburan bagi para atlit menembak juga sebagai ajang untuk menyalurkan hobinya, serta diharapkan para atlit bisa memahami sapta etika berburu Perbakin. “Selain itu, gelaran ini juga sebagai salah satu cara atau solusi untuk menanggulangi serangan babi hutan yang banyak merusak tanaman penduduk yang mengakibatkan rusaknya lahan pertanian masyarakat yang berakibat pada penurunan hasil pertanian atau hasil produksi warga,” pungkasnya. (say)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content