Berita

Disbudpar Perketat Aturan Festival Malang Tempo Dulu

Festival Malang kembali (FMK) atau Malang tempo dulu akan dihelat sejak tanggal 19 Mei hingga 22 Mei mendatang di sepanjang jalan Ijen Kota Malang. Terkait pelaksanaan agenda tahunan Kota Malang tersebut, hingga saat ini persiapan pihak panitia sudah mencapai 70 persen. Salah satu agenda yang sudah dilaksanakan panitia adalah pendaftaran peserta.

Suasana salah satu stan Malang Kembali Tahun 2010
Suasana salah satu stan Malang Kembali Tahun 2010

“Peminat Malang kembali ini sangat tinggi dan panitia sudah menerima peserta hingga 1000 lebih. Hari ini (25/4) merupakan pengumuman seleksi peserta, dan dari semua pendaftar itu akan diambil sebanyak 500 peserta,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyudi saat ditemui di Balaikota Malang, Senin (25/4).

Menurut Ida, untuk tahun 2011 ini panitia mengusung tema Discovery Heritage, yakni menggali nilai-nilai budaya pada jaman Kerajaan Majapahit yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat Malang. Segala sesuatu yang ditampilkan nantinya akan berhubungan dengan budaya Kerajaan Majapahit, sehingga masyarakat tahu mengenai sejarah Majapahit,” tuturnya.

Lebih lanjut Ida mengatakan, bahwa bagi peserta yang lolos seleksi hendaknya mengikuti tema yang diusung panitia, baik desain stan maupun yang diperjualbelikan.”Kami akan lebih memperketat aturan pelaksanaannya untuk tahun ini, artinya peserta harus menunjukkan kekhasan tempo dulu, seperti pakaian, topi, kopyah, makanan, dan lain sebagainya,” sambung perempuan berambut sebahu ini.

Ida menambahkan, pada gelaran Malang Kembali tahun lalu pihak Disbudpar masih menemukan stan yang menjual makanan modern berupa pizza. “Sebenarnya itu tidak diperbolehkan, karena makanan tersebut tidak ada pada jaman Majapahit, tapi kalau jajanan pasar sudah ada dan tidak masalah. Alasan itulah akhirnya yang mendasari pihak panitia untuk memperketat penyelenggaraan Malang Kembali tahun 2011 ini,” pungkasnya. (say)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content