Berita

Gelar Pengajian Akbar Untuk Doakan Kota Malang

Untuk kesekian kalinya Pemerintah Kota Malang mengadakan acara dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-97. Kemarin, Minggu (24/4) Pemkot Malang menggelar pengajian akbar yang ditempatkan di depan Balaikota Malang. Ribuan umat Islam se-Malang raya memadati dan membuat pemandangan menjadi putih di seputaran Alun-alun Tugu Kota Malang. Berbagai unsur pejabat tinggi dari lingkungan Pemkot Malang, tokoh masyarakat, tokoh agama dan dari kalangan pendidikan tinggi turut hadir dalam acara ini.

KH Mustamar saat memberikan ceramah agama
KH Mustamar saat memberikan ceramah agama

Umat Islam yang sebagian besar berasal dari jamaah Al-Hikmah ini mengikuti rangkaian acara demi acara meski harus beralaskan koran. Mereka berbaur, mulai dari anak hingga orang tua. Dengan busana muslim serba putih ini menjadikan suasana kekeluargaan yang luar biasa dan tidak ada jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. Mereka berkumpul untuk berzikir kepada Allah Swt dan mengaharap ridho-Nya demi kebaikan umat Islam, khususnya bagi warga Kota Malang.

Saat kumandang pembacaan tahlil, takmid maupun takbir dari ribuan umat Islam ini membuat suasana semakin hangat dan membuat bulu kuduk berdiri, seolah-olah Nabi Muhammad Saw hadir di tengah-tengah kerumuman jamaah. Tampak juga dari kejauhan Walikota Malang, Drs. Peni Suparto, MAP yang duduk bersila di panggung kehormatan juga khusyuk berzikir kepada Allah Swt.

Dengan berkumpulnya ribuan umat Islam dalam berzikir kepada Allah Swt tentu akan membawa kedamaian, keikhlasan maupun kerukunan antara sesama umat Islam maupun umat non muslim. Hal itu disampaikan oleh KH. Marzuki Mustamar saat memberikan ceramah agamanya di depan ribuan umat Islam. ”Dengan berkumpul dan memanjatkan doa atau berzikir kepada Allah Swt, maka orang-orang yang memuji keagungan Allah itu akan mendapat keamanan dan kenyaman, dan hal ini sudah dijamin oleh Allah Swt,” ujarnya.

  1. Marzuki Mustamar yang juga merupakan ketua PCNU Kota Malang ini turut bangga atas berbagai prestasi di berbagai bidang yang diraih Kota Malang pada tahun 2011 ini, terutama anugerah rekor MURI beberapa waktu lalu. Beliau juga mendoakan agar prestasi yang membanggakan ini bisa dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi.”Kita patut berbangga menjadi warga Kota Malang, begitu juga dengan walikotanya yang masih mempunyai kepedulian tinggi terhadap kegiatan keagamaan seperti ini. Semoga Pak Peni selalu mendapat ridho dan rahmat dari Allah Swt, sehingga bisa membawa Kota Malang ke arah yang lebih maju dan lebih makmur lagi,” harapnya.

Lebih lanjut KH. Marzuki Mustamar mengatakan, bahwa pengajian atau zikir bersama ini tidak ada tendensi apa-apa, terutama kaitannya dengan politik. “Ini awal yang baik bagi Kota Malang untuk menciptakan masyarakat yang agamis serta mempunyai sosial tinggi terhadap sesama. Keguyuban dan kerukunan warga masyarakat Kota Malang juga tidak terlepas dari sosok pemimpinnya yang juga mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus,” pungkasnya. (say)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content