Berita

Balikpapan Bimtek di Kota Malang

Banyaknya prestasi Kota Malang di berbagai bidang membuat kota lain seakan tak pernah henti ingin belajar di kota ini. Kali ini Kota Malang mendapat kunjungan dari Pemerintah Kota Balikpapan Provinsi Kalimatan Timur, Selasa (24/12).

Wali Kota Malang saat meyambut tamu dari Balikpapan, Selasa (24/12)
Wali Kota Malang saat meyambut tamu dari Balikpapan, Selasa (24/12)

Tidak tanggung-tanggung, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy, Wawali Bambang dan Sekda Fadli langsung yang memimpin kunjungan ke Kota Malang. Menyambut baik tamu dari Balikpapan, Wali Kota Malang H. Moch. Anton dan Wawali Sutiaji yang menemui.

Rizal Efendy mengungkapkan sebuah kebahagiaan bisa berkunjung ke Kota Malang. Dengan bisa ke Balai Kota Malang langsung, kami ingin kulonuwun kepada Wali Kota Malang. “Kota Malang termasuk kota kami, sebab baik kami dan anak-anak kami banyak yang merupakan para alumni pendidikan dari Kota Malang hingga sekarang,” jelas Rizal, Selasa (24/12).

Rizal mengungkapkan, kedatangan rombongan dari Kota Balikpapan ke Kota Malang bukan sekedar untuk bernostalgia, lebih dari itu, rombongan ini bertujuan untuk menggelar bimtek dan studi banding ke Kota Malang. Karena itu, dari 62 peserta, rombongan Balikpapan dibagi dua gelombang.

Di Kota Malang, Rizal mengaku sangat mencintai kota ini termasuk makanannya, mulai dari bakso, keripik dan berbagai jenis buah. Khusus untuk buah, biarpun diberi buah apel, kalau dari China meskipun rasanya manis, wali kota asal Balikpapan ini tidak akan mau makan. Tetapi jika diberi apel Batu meskipun rasanya asam, atapun tidak enak pasti tetap akan dimakan.

“Kita selama ini hanya dijejali barang-barang impor membuat produk kita semakin terpinggirkan, ini tidak boleh terus terjadi,” jelas Rizal.

Rizal menyebutkan, sebagai wali kota ia sangat bangga akan jeruk Pontianak meskipun rasanya tidak semanis dahulu. Selain jeruk, Kota Pontianak mempunyai dua produk buah unggulan yaitu papaya Hawai dan nanas. “Pepaya kami dan nanas kami begitu manis, kami bangga dan terus akan mengembangkannya,” tegas Rizal.

Rizal mengungkapkan, Kota Malang adalah kota tua yang penuh prestasi, karena itu Kota Balikpapan ingin banyak belajar dari kota ini. Dengan begitu, saat kembali ke Kota Pontinak nanti akan banyak ilmu yang didapat dan bisa diaplikasikan dengan baik untuk mengembangkan Kota Balikpapan.

Wali Kota Malang, H. Moch. Anton mengaku senang atas kedatangan tamu dari Balikpapan. Kedatangan tamu asal Kalimantan Timur ini diharapkan bisa semakin mempererat kerjasama kedua daerah, sekaligus untuk sama-sama belajar. (cah/dmb)

You may also like

Skip to content