Berita

BAPPEDA KOTA MALANG GELAR SOSIALISASI RKPD

bappeda-gelar-sosialisasi-rkpdBiarpun harus berjubel di ruangan yang kapasitasnya tidak terlalu besar, jajaran pemerintahan Kota Malang tetap bersemangat saat membahas Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Malang 2016 di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (9/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH mengungkapkan harusnya RKPD Kota Malang sudah dilakukan sejak bulan Januari sebelum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk merencanakan sebaik mungkin bagaimana pembangunan di Kota Malang tahun 2016 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk ketaatan terhadap surat Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) bagaimana prosedur formal pembangunan harus dipenuhi,” jelas Wasto, Senin (9/3).

Dengan adanya perencanaan yang bagus, diharapkan hasil dari pembangunan juga semakin maksimal. Dimana semua pembangunan yang dilakukan pemerintah berujung kepada terciptanya kesejahteraan rakyat.

Dengan kenyataan tersebut, perencanaan pembangunan harus bagus dan sesuai prosedur yang ada agar tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Kalaupun nantinya dalam pelaksanaannya ada diselipkan kegiatan lain, maka harus segera dilaporkan ke Bappeda agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Proses awal pembangunan dimulai dengan pendataan yang tentunya menyerap energi yang luar biasa. Data yang ada di Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Sosial,  BKBPM (Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat) saat ini semuanya masih sedikit berbeda-beda, sehingga dibutuhkan kerja keras untuk melakukan pendataan supaya hasilnya akurat sesuai dengan perkembangan masyarakat. (cah/yon)

You may also like

Skip to content