Berita

Satpol PP dan Linmas Kota Malang Harus Semakin Profesional

satpolpp-linmas-profesionalMakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi Kota Malang membutuhkan penanganan yang cekatan agar ketertiban, keamanan, dan ketenteraman tetap terjaga. Untuk bisa mewujudkan cita-cita itu dibutuhkan kinerja dari perangkat pemerintah daerah yang professional.

Itulah salah satu hal yang bisa ditangkap dari apel pagi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-65 dan HUT Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Malang ke-53 yang digelar di halaman Balai Kota Malang, Selasa (17/3).

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut dan bisa melaksanakan tugas dengan baik, diusianya yang semakin matang ini Satpol PP dan Linmas Kota Malang harus terus berbenah untuk bisa menjawab tantangan perkembangan zaman.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengatakan Satpol PP dan Linmas adalah dua institusi yang secara khusus bisa membantu Pemerintah Kota Malang dalam penegakan peraturan daerah. Keberadaanya sangat dibutuhkan untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Malang.

“Ke depan Satpol PP dan Linmas harus  semakin profesional. Kiprah mereka saat ini sangat dirindukan oleh masyarakat,” tegas Abah Anton, panggilan akrab Wali Kota Malang itu, Selasa (17/3).

Masih minimnya jumlah personel Satpol PP yang ada, Abah Anton menjelaskan bahwa untuk menjaga Kota Malang tetap kondusif, Pemkot Malang juga melibatkan TNI/Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Bersatunya aparat pemerintahan, penegak hukum, serta segenap elemen masyarakat seperti ini akan menjadi langkah yang bagus untuk kemajuan Kota Malang di masa depan.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Malang, Drs. Agoes Edy Poetranto, MM mengungkapkan di usianya yang ke-65 ini diharapkan Satpol PP Kota Malang semakin profesional. Masih minimnya jumlah personel Satpol PP Kota Malang tidak boleh menjadi alasan kurang maksimalnya kinerja dari Satpol PP.

“Melihat perkembangan Kota Malang yang saat ini penduduknya menyentuh angka satu juta jiwa, seharusnya Kota Malang memiliki 400-500 tenaga Satpol PP. Saat ini Kota Malang baru memiliki 224 personel,” ungkapnya. (cah/yon)

You may also like

Skip to content