Berita

Monita, Karya Mahasiswa UB Atasi Polusi Udara

Lowokwaru, MC Seiring kemajuan sebuah kota, pencemaran udara yang terjadi juga cenderung semakin meningkat. Menyiasati kondisi inilah lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (UB) Malang memiliki penemuan kreatif yang diberi nama ‘Monita’, Rabu (26/8).

Tim pembuat Sistem Monitoring Udara Online
Tim pembuat Sistem Monitoring Udara Online

Salah satu pembuat Monita, Hermawan Heri Wijaya, mengatakan jika Monita bukanlah nama seorang gadis ataupun cewek cantik. Monita adalah kepanjangan dari Monitoring Udara Online menggunakan Wireless Sensor Network.

“Ide awal kami mengembangkan Monita adalah untuk mencari alat praktis bagaimana bisa membaca kualitas udara untuk bisa membantu meminimalisir pencemaran (udara),” kata Hermawan, Rabu (26/8).

Bersama empat rekannya, yaitu Muhammad Rusyadi, Gladina Desideria, Rizki Eka Putra, dan Enggar Saka Dirgantara, Hermawan melakukan serangkaian percobaan. Sampai akhirnya terciptalah Monita yang terdiri atas mikrokontroler, alat pendeteksi polusi udara yang dibuat dari gabungan beberapa sensor, serta media untuk menunjukkan hasil pengukuran kadar polusi udara berupa komputer atau mobile device.

Cara kerjanya, alat pendeteksi udara diletakkan di lokasi yang ingin diukur kadar polusi udaranya, kemudian alat tersebut akan mendeteksi dan mengukur kadar CO2, kualitas udara, suhu dan kelembapan wilayah dalam radius lima meter dari alat.

Hasil pengukuran tersebut akan disimpan pada database untuk kemudian diunggah ke internet, sehingga kemudian datanya dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun dalam bentuk halaman website dan aplikasi mobile.

“Meski telah diuji coba dan bekerja baik pada localhost, namun Monita masih belum dapat digunakan secara luas oleh publik karena masih dalam proses pengembangan lebih lanjut,” tegas Hermawan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

Skip to content