World Town Planning atau Hari Tata Ruang mulai diperingati setiap tanggal 8 November sejak tahun 1949 yang pada perkembangannya memperoleh apresiasi dunia internasional. Kini tercatat sebanyak 35 negara menyelenggarakan peringatan tersebut. Secara nasional, Peringatan Hari Tata Ruang di Indonesia dimulai tahun 2008 dengan tujuan agar masyarakat memahami pentingnya Tata Ruang. Adapun tema Nasional Hari Tata Ruang Tahun 2015 yang kali ini digabung bersama peringatan Hari Agraria Nasional adalah Tanah untuk Ruang Hidup yang Memakmurkan dan Menentramkan.

hatarutrans_700x400

 

Kota Malang sebagai salah satu kawasan perkotaan yang ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) yang melayani regional Malang Raya tentunya memiliki urgensi terhadap terselenggaranya Penataan Ruang yang didasarkan pada karakteristik, daya dukung dan daya tampung lingkungan serta didukung oleh teknologi yang sesuai. Dasar-dasar tersebut telah diletakkan dalam Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Malang Tahun 2010-2030 dan juga menjadi nafas dalam proses penyusunan berbagai dokumen perencanaan makro strategis, perencanaan tata ruang turunannya maupun perencanaan sektoral Kota Malang.

Untuk itulah pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kota Malang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan Peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang akan diisi dengan sejumlah kegiatan dan aksi bertema “Memperkuat Keterlibatan, Menata Ruang Layak Huni Untuk Semua”
Menurut Drs. Wasto, SH, MH, Kepala Bappeda Kota Malang, kegiatan ini baru pertama kalinya diselenggarakan di Kota Malang. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk inovasi yang bertujuan mewujudkan pengembangan pemahaman tentang tata ruang.

Perkuatan Keterlibatan Dari Setiap Pemangku Kepentingan Sesuai Peran Masing-masing dipilih sebagai tema karena Di Era Keterbukaan Informasi Saat Ini Dan Mendatang Dirasa Penting Untuk Menerjemahkan Tata Ruang Kedalam Wujud Nyata Pembangunan Kota Malang Yang Memenuhi Kaidah Kota Hijau Layak Huni. Hal Tersebut Diharapkan Dapat Diinisiasi Melalui Berbagai Kegiatan Membangun Kesepahaman Dan Kepedulian Tata Ruang Dalam Event InI yang bentuknya sebagai berikut:

  1. Seminar Tata Ruang dan Pembangunan Kota Malang
  2. Aksi Peduli Tata Ruang Bersama Komunitas
  3. Lomba Sketsa Bangunan/Kawasan Heritage Kota Malang (Umum)
  4. Lomba Perancangan Kota (Umum)
  5. Lomba Essay “Kota Malang Layak Huni” (SMU/K/Sederajat)
  6. Lomba Penulisan Surat Untuk Walikota “Malang yang Kuimpikan” (SD/Sederajat)

Seluruh rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai bulan Oktober dan akan berpuncak di Bulan November 2015. Untuk itu, Wasto berharap bahwa kegiatan yang akan segera dilaunching di Bulan Oktober dan berpuncak di Bulan November ini dapat diikuti oleh masyarakat luas.

“Masyarakat dapat terus memantau media massa atau mengunjungi website, akun facebook Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang atau akun twitter @bappedamalang untuk informasi kegiatan ini”, demikian ajakan Kepala Bappeda Kota Malang tersebut.

Sumber: http://bappeda.malangkota.go.id/2015/09/30/hari-tata-ruang-2015-kota-malang/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content