Berita

Pj. Wali Kota Malang Tinjau Terminal Hamid Rusdi

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk mengoptimalkan Terminal Hamid Rusdi yang berada di Jl. Mayjen Sungkono, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hal inilah yang terpotret kala Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM beserta jajaran meninjau Terminal Hamid Rusdi bersama Kadishub Provinsi Jatim Dr. Nyono, ST, MT, Rabu (1/5/2024).

Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM beserta jajaran meninjau Terminal Hamid Rusdi bersama Kadishub Provinsi Jatim Dr. Nyono, ST, MT

Dalam peninjauan ini, Pj. Wali Kota Malang mewacanakan Terminal Hamid Rusdi sebagai tempat penampungan sementara (relokasi) apabila Pasar Gadang direvitalisasi. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut untuk mengatasi carut marut persoalan yang belum terselesaikan.

“Mulai dari kemacetan di Pasar Gadang, adanya tumpukan sampah, jalan berlubang, dan lain sebagainya. Posisi Terminal Hamid Rusdi ini kan tidak jauh, dan selama ini terminal ini tidak banyak jalur angkutan yang masuk. Ini masalah lama dan harus secepatnya dicarikan solusi,” ungkap Wahyu.

Oleh karena itulah Terminal Hamid Rusdi ini menjadi salah satu pilihan sebagai tempat penampungan sementara sampai dengan Pasar Gadang nanti direvitalisasi. Untuk mencegah kemacetan dan keruwetan di Pasar Gadang, menurut Wahyu alternatinya adalah Pasar Gadang sementara dipindah di Terminal Hamid Rusdi.

“Tadi kami melihat sendiri di Jembatan Pasar Gadang ada orang parkir sambil membongkar barang, padahal jalanya sudah sempit. Dalam keadaan macet, berhenti untuk bongkar muat barang tentunya yang timbul adalah kemacetan. Memang ada petugas yang menjaga dan mengingatkan. Tetapi kenyataannya setelah petugas pergi mereka tidak tertib lagi. Aternatifnya adalah fungsi jalannya harus kita sterilkan, kita akan memindah,” urai Wahyu.

Saat ini dikatakan Wahyu pihaknya sedang melakukan pemetaan, dan ke depan aktivitas di Pasar Gadang, pedagang serta proses bongkar muat juga akan di pindah ke Terminal Hamid Rusdi. Mengenai keberadaan terminal itu sendiri, nantinya juga akan tetap ada dan menjadi satu kesatuan dengan Pasar Gadang di Terminal Hamid Rusdi, jadi ada simbiosis mutualisme antara terminal dan pedagang pasar.

“Jadi pasar dengan Terminal Hamid Rusdi ini nanti ada trayeknya, dan akan jadi satu kesatuan, dengan begini akan bisa hidup. Pasar butuh ada masyarakat yang berbelanja dan trayek terminal butuh penumpang, jadi ada simbiosis mutualisme antara pedagang dan terminal untuk bisa memanfaatkan tempat. Ini akan terus dikaji dan dibahas lebih lanjut ,sehingga secepatnya bisa direalisasikan,” jelasnya lebih lanjut.

Disebutkan Wahyu, saat ini masih pembahasan awal dan nantinya akan dibahas lebih lanjut berdiskusi dan duduk bersama. Sehingga Terminal Hamid Rusdi yang berada di bawah naungan Provinsi Jawa Timur ini bagaimana pemanfaatnya untuk bisa digunakan Pemerintah Kota Malang. “Tentunya akan ada kerja sama. Kita akan kaji dan juga akan ada tahapan untuk bisa secepatnya mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat yang sudah terjadi sejak lama,” pungkas Wahyu.

Sementara itu Kadishub Provinsi Jatim Dr. Nyono, ST, MT mengatakan menyambut baik rencana Pj. Wali Kota Malang terkait dengan Terminal Hamid Rusdi, untuk bersama berkolaborasi mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah. “Tadi ada ide dari Pak Pj. Wali Kota Malang untuk menarik pedagang Pasar Gadang ke Terminal Hamid Rusdi, tujuannya supaya tempat ini bisa menjadi tempat aktivitas baru yang nantinya akan banyak orang di sini, dan pastinya angkutan umum dan angkutan publik bisa ikut hidup,” terang Nyono.

Ide ini akan dikerjakan secara maraton agar secepatnya dapat direalisasikan, termasuk ke depan bisa menyelesaikan permasalahan selama ini yaitu keengganan warga masuk ke Terminal Hamid Rusdi karena adanya kemacetan di Pasar Gadang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content