Berita

Lomba Menembak Meriahkan HUT Ke-70 TNI AU

Malang, MC – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 9 April 2016 mendatang, berbagai macam kegiatan khususnya pertandingan olahraga dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang.

Lomba menembak dalam rangka HUT TNI AU di Lapangan Tembak Gondo Mayit Pagas Singosari Malang, Jumat (1/4)
Lomba menembak dalam rangka HUT TNI AU di Lapangan Tembak Gondo Mayit Pagas Singosari Malang, Jumat (1/4)

Sebanyak 13 satuan yang berada di jajaran Lanud Abdulrahman Saleh ikut terjun dalam pertandingan olahraga seperti pertandingan bola voli, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, dan beberapa lomba olahraga lainnya serta lomba menembak yang dilaksanakan pada hari Jumat (1/4) kemarin di Lapangan Tembak Gondo Mayit Pagas Singosari Malang.

Lomba menembak selalu diadakan dalam rangka menyambut HUT TNI AU karena menembak merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai dan terus diasah oleh setiap prajurit. Lomba menembak merupakan tolok ukur bagi prajurit untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pelaksanaan menembak yang dilaksanakan oleh masing-masing satuan.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Mayor Sus Hamdi Londong Allo S.S. Menurut dia dari gelaran ini diharapkan dapat menghasilkan penembak-penembak yang handal dan nantinya akan mewakili satuannya dalam pelaksanaan perlombaan-perlombaan baik tingkat angkatan maupun tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Dalam lomba kali ini kelas yang diperlombakan meliputi menembak laras panjang menggunakan senjata SS2 dengan jarak 100 m berkelompok, menggunakan tiga sikap yakni sikap tiarap, sikap duduk dan sikap berdiri. Ke-13 satuan yang terdiri dari Sathar 31, 32, 33, Depohar 30, Skadron Udara 21, 4, 32, Satpomau, Detasemen matra 2 Paskhas dan Batalyon Komando 464 Paskhas, Skatek 022, Staf Lanud Abd Saleh dan Staf Gabungan (GPP 5, SESA, SBK, Satrad 221 Ngliyep),” terang Hamdi.

Hamdi juga menjelaskan masing-masing satuan terdiri dari 3 orang dan setiap orang menggunakan 18 butir peluru dengan tiga peluru untuk percobaan, lima peluru untuk sikap menembak tiarap, lima peluru menembak jongkok dan lima peluru menembak berdiri.

“Dari lomba menembak kali ini penilaian kategori perorangan dijuarai oleh kelompok dari Batalyon Komando 464 Paskhas dengan nilai 363. Diikuti pula oleh kelompok Denmatra 2 Paskhas sebagai juara ke dua dengan nilai 334 dan juara ketiga diraih oleh kelompok Satpomau dengan jumlah nilai 309,” pungkas Hamdi. (say/may)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content