Berita

Tim DKPP Kota Malang Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Blimbing (malangkota.go.id) – Menjelang Hari Raya Iduladha 1441 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Malang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Seperti yang terlihat di Jl. Sulfat Kota Malang, Selasa (28/7).

Tim dari DKPP Kota Malang melakukan pemeriksaan kesehatan kambing kurban di Jl Sulfat Kota Malang

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang drh. Hilda Sari mengungkapkan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dijual di wilayah Kota Malang dalam kondisi sehat dan juga memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban.

“Kami periksa kesehatannya hewan kurban termasuk juga umur hewan kurban. Dimana usianya sudah mencapai sekitar dua tahun dengan bisa dilihat dari susunan gigi,” jelas Hilda, Selasa (28/7).

Selain gigi, Hilda menyebutkan pihaknya juga memeriksa kondisi selaput mata hewan kurban, hidung, suhu badan, tanduk dan juga testis yang lengkap. Dimana semuanya harus memenuhi syarat kesehatan sehingga ke depan tidak ada masyarakat yang dirugikan.

Dari pengalaman tahun 2019 kemarin, Hilda mengatakan ada sekitar 120 titik tempat berjualan hewan kurban di Kota Malang yang saat ini juga dipantau tim dari DKPP Kota Malang. Harapannya dengan adanya pemeriksaan seperti inin adalah agar bisa membantu masyarakat mendapatkan hewan kurban yang sehat.

Mengingat saat ini masih dalam kondisi yang masih pandemi Covid-19, sesuai aturan yang ada masyarakat juga harus tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam melakukan jual beli hewan kurban.

Selain di tempat penjualan hewan kurban, pemeriksaan juga dilakukan di tempat penyembelihan hewan kurban. DKPP Kota Malang saat ini menerjunkan sebanyak 15 personel di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. (cah/yon)

 

You may also like

Skip to content