Artikel

Semangat Pelajar Tunanetra Saat Ramadan

Sukun, MC – Semangat para pelajar penyandang tunanetra yang ada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Jl. Beringin No. 13, Bandungrejosari Kecamatan Sukun ini patut diacungi jempol.

Para pelajar penyandang tuna netra sangat antusias untuk memperbanyak amal soleh saat bulan ramadan
Para pelajar penyandang tuna netra sangat antusias untuk memperbanyak amal soleh saat bulan ramadan

Meski aktivitas di sekolah saat ini terbilang padat, namun mereka tetap bersemangat untuk mengisi Bulan Suci Ramadan ini dengan berbagai amalan.

Ketika kumandang azan asar terdengar dari masjid yang ada di dekat kantor UPT, para siswa berduyun-duyun pergi ke masjid. Setibanya di masjid, mereka segera mengambil air wudu dan kemudian melakukan salat berjamaah. Usai salat, mereka melakukan tadarus bersama menggunakan Al-Quran Braille.

Salah satu guru ngaji, Yani Suswantoro mengatakan jika anak-anak ini sangat rajin beribadah dan membaca Al-Qur’an, khususnya ketika memasuki bulan Ramadan. “Kami bangga, salut dan mengapresiasi semangat yang ada dalam diri anak-anak ini,” ujarnya, Senin (13/6).

“Sebenarnya, meskipun sedang tidak dalam bulan Ramadan, setiap selesai salat lima waktu anak-anak ini selalu salat berjamaah, mengaji bersama, dan memperdalam ilmu-ilmu agama yang lain. Ketika Bulan Suci Ramadan, anak-anak ini meningkatkan aktivitasnya ditengah sibuknya waktu sekolah formal,” imbuh Yani.

Terpisah, salah satu pelajar, Putri Imiatun mengaku senang dengan aktivitasnya selama bulan Ramadan ini. Dia merasa tidak terganggu meski jam belajar di sekolah penuh atau banyak pekerjaan rumah. “Inikan bulan Ramadan, dan bulan suci dengan berbagai hikmah di dalamnya. Jadi kalau ibadahnya tidak dimaksimalkan kan sayang,” ungkapnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content