Berita

Wawali Sidak Pelayanan di Dispendukcapil

Kedungkandang, MC – Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang, Rabu (4/12).

Wawali Sutiaji (kemeja putih berkopiah memakai kacamata) saat melakukan sidak layanan administrasi kependudukan di Dispendukcapil Kota Malang

Sidak kali ini dilakukan Wakil Wali Kota Malang setelah mendapat informasi bahwa terjadi antrean panjang di kantor Dispendukcapil. Banyaknya antrean yang tak biasa terjadi ini membuat warga yang mengurus berbagai surat administrasi kependudukan harus sabar menunggu untuk dilayani.

Wawali Sutiaji membenarkan sidak kali ini dilakukan setelah mendapatkan informasi dan keluhan dari masyarakat yang tidak terlayani dengan cepat. Setelah dilakukan peninjauan langsung, ternyata memang terjadi antrean panjang akibat penumpukan di loket pelayanan karena pemindahan layanan dari semula di kelurahan yang kini dipindahkan kembali ke Dispendukcapil.

“Sebelumnya pelayanan KK, KTP maupun akta kelahiran dilakukan di kelurahan. Tetapi karena petugas outsourcing yang ditempatkan di kelurahan masa kontraknya habis, kini semua layanan dipindahkan langsung ke Dispendukcapil,” tegas Sutiaji.

Masa kerja tenaga outsourcing yang ditempatkan di kelurahan habis pada bulan Desember sesuai dengan apa yang sudah ditandatangani dalam kontrak kerja.

“Keadaan ini hanya berlangsung sementara. Nanti setelah pengadaan tenaga outsourcing, tentu tenaga baru sudah kembali bertugas di kelurahan-kelurahan,” ungkap Sutiaji.

Ke depan Wawali Sutiaji berharap ada pendampingan bagi tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) di kelurahan sehingga saat tenaga outsourcing habis masa kontraknya, pelayanan di kelurahan-kelurahan tetap berjalan dengan baik. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content