Berita

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, BP2D Jajaki Kerjasama Dengan Kantor Pos

Klojen, MC – Gerak cepat dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang di awal tahun 2017 ini. Selain mengagendakan launching Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi & Bangunan (PBB) serta Sunset Policy Jilid II pada 18 Januari 2017 mendatang, satu lagi langkah inovatif kini tengah disiapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang itu.

Kepala BP2D Kota Malang Ir. Ade Herawanto, MT (dua dari kanan) saat foto bersama jajaran Kantor Pos
Kepala BP2D Kota Malang Ir. Ade Herawanto, MT (dua dari kanan) saat foto bersama jajaran Kantor Pos, Senin (9/1)

Saat ini pihak BP2D Kota Malang tengah menjajaki kerjasama dengan Kantor Pos Malang dalam upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Melalui kerjasama tersebut nantinya berbagai bentuk layanan BP2D dapat diakomodir oleh Kantor Pos. Misalkan saja terkait pendistribusian administrasi surat menyurat, penyampaian SPPT PBB kepada Wajib Pajak (WP) hingga pembayaran PBB di cabang Kantor Pos terdekat.

Menurut Kepala BP2D Kota Malang, Ir. Ade Herawanto, MT, wacana ini muncul sebagai salah satu upaya untuk memperpendek rentang kendali pelayanan kepada masyarakat. Saat ini Kantor Pos memiliki sekitar 50 cabang dan ratusan agen di seluruh wilayah Malang Raya. 

“Nantinya proses pelayanan lebih cepat, mudah dan murah. Di sisi lain, masyarakat juga akan mendapat kenyamanan dalam pelayanan,” tutur pria yang akrab disapa Sam Ade d’Kross itu, Senin (09/01)

Bak gayung bersambut, pihak Kantor Pos pun mengaku siap menjalin kerjasama guna membantu kinerja efektif BP2D yang sekarang memiliki lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lima kecamatan di Kota Malang itu.

“Pada prinsipnya kami siap mengakomodir program-program BP2D yang bisa disinergikan dengan produk layanan Kantor Pos,” ungkap Kepala Kantor Pos Malang, Dadang Budi Ganjaran didampingi Manajer Sarana Syamsudin dan Manajer Penjualan Anna Maria Ulfa saat diskusi di Kantor BP2D Kota Malang.

Bahkan rencananya Kantor Pos Malang juga akan meluncurkan Perangko Identitas Milik Anda (PRISMA) edisi khusus Walikota Malang H. Moch. Anton bersamaan dengan launching SPPT PBB dan Sunset Policy Jilid II pekan depan. Foto Abah Anton (panggilan akrab Walikota Malang_red) akan menghiasi perangko edisi khusus yang dapat dimiliki oleh kalangan umum tersebut. 

Sementara itu, ditempat terpisah, Walikota Malang H. Moch. Anton menyampaikan apresiasinya atas langkah cepat BP2D dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di SKPD-nya.

“Peningkatan pelayanan publik di bidang pajak daerah merupakan salah satu pelayanan kepada masyarakat yang patut kita perhatikan. BP2D Kota Malang telah menunjukkan kerja kerasnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada waga Kota Malang, salah satunya adalah dengan menggandeng Kantor Pos Malang ini,” ujar Abah Anton tersebut. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content