Berita

Duta Budaya Kota Malang Pukau Peserta Muskomwil IV APEKSI di Mataram

Mataram (malangkota.go.id) – Sendratari ‘Ontran-Ontran Puspo Geni’ yang disajikan duta budaya Kota Malang memukau para tamu wellcome dinner Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar Pemerintah Kota Mataram selaku tuan rumah.

Kelompok sendratari dari Kota Malang saat tampil di Muskerwil IV APEKSI di Mataram

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si yang juga turut hadir mendampingi menuturkan, seni pertunjukan Ontran-Ontran Puspo Geni adalah sebuah sajian pertunjukan yang mengolaborasikan seni tari tradisi, seni kuda lumping, seni pencak silat, seni wayang topeng Malangan, seni musik tradisi, seni musik perkusi, yang menunjukkan keanekaragaman budaya Malangan dan mencerminkan jati diri budaya bangsa yang tangkas, tangguh, dan trengginas.

“Berlatar belakang cerita masa Kerajaan Kanjuruhan dengan rajanya Prabu Gajayana, sendratari Ontran-Ontran Puspo Geni membawa pesan bahwa kebaikan akan mengalahkan kebathilan, seperti kalimat penyemangat untuk Kota Malang sendiri, Malang Kuçeçwara (Tuhan menghancurkan yang bathil, menegakkan yang benar_red),” jelas Ida.

Didukung 33 penari dan penabuh (pengrawit) yang tergabung dalam Sanggar Genaro Ngalam binaan Agus Mardianto, pertunjukan sendratari mengundang aplaus penonton kala kolaborasi seni pencak silat berpadu dengan seni jaranan dan dikreasikan dengan permainan kembang api.

Atraksi budaya dari Kota Malang ini adalah bagian dari rangkaian Muskerwil IV Mataram yang digelar 16 s/d 18 Mei2017 dengan rangkaian kegiatan seperti pameran UMKM, pawai budaya, musyawarah kerja dan penanaman pohon oleh 13 Kepala Daerah Komisariat Wilayah IV.

Rombongan Pemkot Malang sendiri dipimpin oleh Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji dengan membawa delegasi budaya dan UMKM sekaligus membawa misi sukses dalam rangka menyambut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI yang akan digelar di Kota Malang pada tanggal 11-13 Juli 2017. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content