Berita

Wawali Sutiaji: Para Lansia Harus Selalu Menjaga Kesehatan

Sukun (malangkota.go.id) – Wakil Walikota Malang sekaligus Ketua Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia Kota Malang Drs. Sutiaji berpesan agar para warga lansia bisa menjaga kesehatannya dengan baik di usia senja. Hal itu disampaikannya pada saat acara ‘Pembinaan Karang Werdha Dalam Rangka Lomba Karang Werdha Berprestasi’ yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Sukun Kota Malang, Selasa (25/7).

Ketua Komda Lansia Kota Malang Drs. Sutiaji menyampaikan berbagai hal kepada para lansia

Sutiaji mengatakan ada dua cara bagi para lansia agar bisa terhindar dari penyakit, yakni menjaga pola makan dan pola pikir. “Apalagi bagi bapak dan ibu, di usia senja harus bisa menjaga pikiran, karena hal itu sangat penting bagi kesehatan kita,” tutur Sutiaji.

Ia berharap para lansia bisa hidup dengan sehat dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai melalui berbagai program yang sudah diberikan Forum Karang Werdha.

“Saya atas nama Ketua Komda Lansia berharap para lansia di Kota Malang bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dan hal itu terus kita upayakan,” ujarnya.

Perhatian kepada para lansia terus dicurahkan oleh Pemerintah Kota Malang. Lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Lansia menjadi payung hukum yang menjadikan para warga lanjut usia dapat menerima layanan kesehatan dengan baik dan layak.

Berbagai program juga terus digelontor sebagai jaminan kesehatan kepada para lansia. Yang terbaru adalah program yang kini sedang digagas yakni ‘Ibu Asuh Lansia’.

Program ‘Ibu Asuh Lansia’ ini dikatakan Ketua Forum Karang Werdha, Sulastri, merupakan hasil pemikiran bersama antara pihaknya dengan Ketua Komda Lansia Kota Malang. “Program ini, nantinya setiap sepuluh lansia memiliki satu ibu asuh yang benar-benar memperhatikan para lansia,” jelasnya lagi.

Disampaikannya, selain program tersebut, optimalisasi berbagai program yang sudah dicanangkan sebelumnya perlu ditingkatkan agar efektif dan maksimal. Seperti kelompok olahraga lansia dan optimalisasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). “Memang di Kelurahan Sukun ini kelompok olahraga lansia dan Posyandu harus lebih dimaksimalkan dan butuh bantuan dari pemerintah,” katanya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content