Klojen (malangkota.go.id) – Dibuka dengan Tari Topeng berkisah tentang Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun, kegiatan ‘Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kab/Kota 2018’ berlangsung mengesankan.

Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kab/Kota 2018 di Gedung Kesenian Gajayana Kota Malang, Selasa (27/2)

Kegiatan yang digelar oleh Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang di Gedung Kesenian Gajayana Kota Malang, Selasa (27/2) diikuti pelajar, guru dan segenap elemen warga masyarakat Kota Malang.

Plt Kepala Dinas Perpusataan dan Arsip Daerah Kota Malang Drs. Abdul Malik, M.Pd mengungkapkan kegiatan diselenggarakan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kecintaaan budaya membaca di kalangan pelajar.

“Selama ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang selalu melayani masyarakat sepenuh hati, mulai hari Senin sampai dengan Senin berikutnya tanpa libur. Ini menunjukkan Perpustakaan Kota Malang sangat serius berusaha meningkatkan budaya baca warga Kota Malang,” jelas Malik, Selasa (27/2).

Selain lokasi dan suasana yang nyaman, petugas yang ramah, berbagai fasilitas penunjang, Perpustakaan juga selalu menambah koleksi buku-buku terbaru.

Tingkat kunjungan ke perpustakaan pun sangat tinggi, per hari nya mencapai 700 pengunjung di hari Senin-Jumat, dan di hari Sabtu-Minggu jumlah kunjungan bisa mencapai 1.000 pengunjung.

Koleksi buku yang ada di Perpustakaan Kota Malang saat ini menembus angka 175.000, dan saat ini terus dianggarkan untuk penambahan koleksi buku-buku terbaru.

Sementara itu Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpusnas RI, Dra Lucia Damayanti, M.Hum mengakui minat baca masyarakat Indonesia memang masih rendah. Disampaikannya bahwa masyarakat Indonesia masih cenderung menyenangi bahasa tutur dibandingkan membaca.

“Kami berharap melalui forum-forum seperti di Kota Malang ini bisa mendongkrak minat baca warga masyarakat, dan semoga ke depan minat baca bangsa Indonesia bisa lebih tinggi lagi,” harap Lucia.

Kegiatan yang juga dihadiri Komisi X DPR RI Ridwan Hisyam ini mengambil tema ‘Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat’. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content