Berita

Jelang Pemilukada dan Ramadan, Bakesbangpol Gelar FGD

Klojen (malangkota.go.id) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Regent, Jumat (4/5) bertema ‘Peran Toga, Tomas Dalam Menangkal Penggunaan Isu Sara dan Berita Hoax Dalam Pemilukada Kota Malang dan Menyambut Bulan Suci Ramadan’ dengan mengundang berbagai elemen masyarakat.

Sekda Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH mengajak semua elemen untuk selalu waspada terhadap penyebaran isu sara dan berita hoaks

Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH menyampaikan bahwa untuk menekan penyebaran isu sara serta berita hoaks itu diperlukan peran semua lapisan, terutama pemerintah, aparat penegak hukum dan tokoh agama, serta peran dari warga masyarakat.

Ketenangan dan kekhusyukan umat muslim saat menjalankan ibadah puasa nanti juga menjadi perhatian khusus dari Bakesbangpol Kota Malang. “Bulan Ramadan yang menjadi bulan suci umat muslim ini harus terbebas dari berbagai macam ancaman dan gangguan,” tegasnya.

Begitu juga menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak, Wasto mengajak semua elemen masyarakat harus turut serta menciptakan suasana damai. Ia mengimbau agar para tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan masyarakat pada umumnya harus lebih cerdas serta selektif dalam menyikapi berbagai situasi.

“Masyarakat jangan mudah di adu domba dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, karena nantinya akan menyebabkan perpecahan. Begitu juga dalam bermedia sosial, setiap informasi harus disaring sebelum disebarluaskan,” tutur Wasto.

Lebih jauh dia mengatakan, berdasarkan data nasional, pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa. dan pengguna anak berusia 10 hingga 24 tahun sebesar 18,4 persen. “Dari data ini, berpotensi cukup besar memunculkan adanya berita hoaks, ujaran kebencian, dan isu sara. Maka dari itu para tokoh agama dan masyarakat harus dapat meredam dan mencegah, namun disisi lain aparat penegak hukum harus bertindak tegas,” sambung pria yang pernah menjadi Kepala Barenlitbang Kota Malang itu.

“Melalui FGD ini, maka diharapkan berbagai elemen masyarkaat dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga tercipta suasa yang damai terutama menjelang Bulan Ramadan dan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun ini,” harap Wasto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content